Monday 3rd of June 2024

Jenis-Jenis Pemeriksaan Lab di Puskesmas, Fasilitasnya Sudah Lengkap dan Tak Kalah Dari Rumah Sakit

×

Jenis-Jenis Pemeriksaan Lab di Puskesmas, Fasilitasnya Sudah Lengkap dan Tak Kalah Dari Rumah Sakit

--

Fasilitas gratis yang bisa didapat ibu hamil di puskesmas

1. Pemeriksaan kehamilan pertama

Saat melakukan pemeriksaan kehamilan di puskesmas, calon mama akan mendapatkan buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) yang wajib dibawa setiap melakukan pemeriksaan ke bidan di puskesmas.


Bidan akan melakukan pengecekan berupa tekanan darah, mengukur lingkar lengan serta memeriksa kondisi perut calon mama.

2.  Vitamin

Ibu hamil tidak cukup hanya dengan mengonsumsi makanan sehat. Sejumlah vitamin diperlukan untuk memenuhi kebutuhan gizi setiap hari.

3. Makanan tambahan

Tak hanya vitamin, ibu hamil juga diberi makanan tambahan berupa biskuit. Perlu diperhatikan agar konsumsi biskuit tidak berlebihan ya.

4. Tes laboratorium

Dalam persiapan kehamilan, persalinan hingga menyusui, tes laboratorium ibu hamil jelas diperlukan. Pemeriksaan laboratorium tersebut wajib dijalani ibu hamil minimal dua kali selama masa kehamilan.

5. Konsultasi gizi

Usai melakukan tes laboratorium, ibu hamil biasanya dirujuk oleh bidan untuk ke poli gizi guna melakukan konsultasi. Kemudian ahli gizi yang bertugas akan memberikan sejumlah saran kepada ibu hamil sesuai dengan hasil pemeriksaan laboratoriumnya.

Baca juga: Apakah Cek Golongan Darah di Puskesmas Bisa Pakai BPJS? Temukan Jawabanmu Disini!

Baca juga: Prosedur dan Biaya Cek Golongan Darah di Puskesmas 2023, Segera Lakukan Pemeriksaan Demi Kesehatan Tubuhmu!

Baca juga: Biaya Cek Golongan Darah di Puskesmas Indonesia Lengkap dan Terbaru 2023, Ada yang Ditanggung Pakai BPJS Juga Lho!

Sekian ringkasan informasi yang dapat kami sampaikan kepada kalian semua yang membahas mengenai jenis-jenis pemeriksaan lab di puskesmas. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat ya.

Sumber:

UPDATE TERBARU