Tuesday 21st of May 2024

Apakah Cek Golongan Darah di Puskesmas Bisa Pakai BPJS? Temukan Jawabanmu Disini!

×

Apakah Cek Golongan Darah di Puskesmas Bisa Pakai BPJS? Temukan Jawabanmu Disini!

--

ASCOMAXX.com –  Cek darah adalah serangkaian pemeriksaan menggunakan sampel darah yang diambil dari pembuluh darah pada bagian tubuh tertentu atau dari menusuk salah satu jari dengan alat khusus. Biasanya, pembuluh darah pada siku bagian dalam menjadi tempat yang paling sering dipilih untuk pengambilan sampel darah. 

Cek darah dapat meliputi pemeriksaan hemoglobin, trombosit, sel darah merah, sel darah putih, dan tes darah lainnya sesuai dengan kebutuhan.


Namun apakah cek darah bisa pakai BPJS? Nah kini akan kami sampaikan mengenai Apakah Cek Golongan Darah di Puskesmas Bisa Pakai BPJS? Temukan Jawabanmu Disini! yang akan kami bagikan khusus buatmu.

Baca juga: Prosedur dan Persyaratan Vaksin Anti Rabies (VAR), Sebelum Suntik Lakukan Hal Berikut Ini!

Baca juga: Mengenal Penyakit Sifilis: Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi, Pengobatan, Kini Bisa Periksa di Puskesmas

Baca juga: Contoh Surat Keterangan Hamil dari Bidan di Puskesmas yang Baik dan Benar

Pemeriksaan darah di laboratorium sering dilakukan saat medical check-up. Salah satu tujuannya adalah untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang secara keseluruhan, sekaligus mendeteksi lebih awal penyakit yang mungkin terjadi. 

Tidak harus menunggu tubuh terinfeksi penyakit, melakukan pemeriksaan darah harus atas kesadaran diri terhadap kondisi kesehatan tubuh. Pemeriksaan darah bisa secara rutin, setidaknya setiap satu atau dua bulan sekali, tetapi ada pula yang melakukannya setiap satu tahun sekali.

Namun, dokter harus segera melakukan cek darah dan tetap melakukan pemantauan secara rutin, jika pengidap memiliki riwayat penyakit diabetes melitus, jantung, hipertensi, kanker, atau penyakit yang berhubungan dengan darah lainnya. 

Sumber:

UPDATE TERBARU