Tuesday 21st of May 2024

Mengenal Penyakit Sifilis: Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi, Pengobatan, Kini Bisa Periksa di Puskesmas

×

Mengenal Penyakit Sifilis: Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi, Pengobatan, Kini Bisa Periksa di Puskesmas

--

ASCOMAXX.com – Kesehatan adalah hal yang sangat penting! Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai penyakit sifilis yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Pernahkah kamu mendengar tentang sifilis? Diketahui kini puskesmas telah membuka layanan pemeriksaan penyakit menular seksual. Pada tingkat puskesmas, tes sifilis di puskesmas biasanya menggunakan dua cara, yaitu berdasarkan sindrom dan tes serologi.


Penyakit Sifilis ini disebabkan bakteri yang bernama Treponema pallidum. Cara paling umum penyebaran sifilis adalah melalui kontak dengan luka orang yang terinfeksi selama aktivitas seksual. Bakteri masuk ke dalam tubuh melalui luka kecil atau lecet pada kulit atau selaput lendir.

Baca juga: Mengenal Penyakit Ayam Berak Kapur dan Cara Pengobatan Paling Jitunya

Baca juga: Obat Snot Ayam di Apotek dan Harga Terbarunya 2023, Cara Cepat Atasi Penyakit Ternak

Baca juga: Daftar Kode ICD 10 HNP Terkait dengan Penyakit Saraf Kejepit, Jangan Sampai keliru!

Penyakit ini menular selama tahap primer dan sekunder, dan kadang-kadang pada awal periode laten. Pada kasus yang lebih jarang, kondisi ini dapat menyebar melalui kontak langsung dengan lesi aktif, seperti saat berciuman.

Sifilis ini juga dapat ditularkan dari ibu ke bayinya selama kehamilan atau persalinan. Namun Sifilis tidak dapat menyebar dengan menggunakan toilet, bak mandi, pakaian atau peralatan makan yang sama, atau dari gagang pintu, kolam renang, atau bak air panas.

Usai sembuh, penyakit ini tidak kembali atau kambuh dengan sendirinya. Tetapi, seseorang dapat terinfeksi kembali jika memiliki kontak dengan luka sifilis dari orang lain.

Sumber:

UPDATE TERBARU