Monday 20th of May 2024

Waktu Yang Tepat Untuk Cek HB Untuk Ibu Hamil, Kini Bisa Dilakukan di Puskesmas Terdekat

×

Waktu Yang Tepat Untuk Cek HB Untuk Ibu Hamil, Kini Bisa Dilakukan di Puskesmas Terdekat

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang akan membahas tentang Waktu yang tepat untuk cek Hb untuk ibu hamil. Mari simak pembahasan secara lengkap berikut ini.

Hamil merupakan suatu hal yang diidam – idamkan oleh para pasangan suami istri. Periksa kadar hb saat hamil adalah hal yang sangat penting. Hemoglobin atau Hb adalah protein yang ada di dalam sel darah merah. Protein inilah yang membuat darah berwarna merah. Dalam kadar yang normal, hemoglobin memiliki banyak fungsi bagi tubuh. Ini membuat adar normal hemoglobin perlu selalu dijaga.


Tak hanya memberi warna, hemoglobin juga berfungsi untuk membantu sel darah merah mendapatkan bentuk alaminya, yaitu bulat dengan bagian tengah yang lebih pipih. Dengan bentuk seperti ini, sel darah merah dapat dengan mudah bergerak dan mengalir di dalam pembuluh darah.

Baca juga: Download Template Contoh Surat Keterangan Tidak Hamil yang Baik dan Benar dengan Format PDF/DOC

Baca juga: Contoh Surat Keterangan Tidak Hamil dari Puskesmas Untuk Keperluan Pra Nikah Hingga Melamar Kerja

Baca juga: Link Download Template Contoh Surat Keterangan Hamil dari Bidan Format PDF/Word Gratis

Lantas apabila jumlah atau bentuk hemoglobin mengalami kelainan, sel darah merah tidak dapat berfungsi dengan baik dalam mengangkut oksigen dan karbon dioksida. Hal inilah yang dapat memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan, termasuk anemia.

Nilai normal kadar hemoglobin di dalam tubuh seseorang ditentukan berdasarkan jenis kelamin dan usianya. Kadar hemoglobin normal pada wanita dewasa berkisar antara 12–15 g/dL, sedangkan kadar hemoglobin pada pria dewasa berkisar antara 13–17 g/dL.

Sumber:

UPDATE TERBARU