Sunday 21st of July 2024

Bisakah Bayar BPJS Hanya 1 Orang dalam 1 KK? Ternyata Begini Tutorial Pembayarannya

×

Bisakah Bayar BPJS Hanya 1 Orang dalam 1 KK? Ternyata Begini Tutorial Pembayarannya

--

ASCOMAXX.com – Banyak pengguna baru yang masih belum mengerti cara membayar BPJS. Salah satu pertanyaan yang sering muncul yaitu, bisakah bayar BPJS hanya 1 orang dalam 1 KK. Lantas, bagaimanakah jawabannya?

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan merupakan program pemerintah berupa asuransi untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Sebelumnya, program ini bernama Askes (Asuransi Kesehatan).


Baca juga: Perkiraan Biaya Operasi Wasir Pakai BPJS Terbaru 2023, Atasi Segera Penyakitmu Sekarang Juga!

Baca juga: Prosedur Operasi untuk Pasien Penyakit Wasir Pakai BPJS, Ternyata Ini Alurnya!

Baca juga: Apakah Suntik KB di Puskesmas di Tanggung BPJS? Ternyata Ini Jawabannya!

Melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan BPJS Kesehatan, negara hadir di tengah masyarakat untuk memastikan seluruh penduduk Indonesia terlindungi oleh jaminan kesehatan yang komprehensif, adil, dan merata.

Peserta BPJS Kesehatan sendiri wajib membayar iuran BPJS Kesehatan setiap bulan agar dapat menggunakan layanan kesehatan dengan BPJS. Jika kamu telat membayar BPJS maka kepesertaan BPJS-mu akan dinonaktifkan sementara.

Bayar BPJS Secara Kolektif 1 Orang dalam KK

Melansir dari berbagai sumber, pembayaran BPJS Kesehatan mulai 1 September 2016 adalah bersifat kolektif. Sistem tagihan iuran BPJS bagi peserta mandiri (bukan pekerja penerima upah) bersifat Kolektif seluruh anggota keluarga yang tercantum dalam KK.

Sumber:

UPDATE TERBARU