Thursday 9th of May 2024

Pengertian Tangga Nada 2 Kres, Sebuah Nada Dasar Musik yang Penting Untuk Diketahui

×

Pengertian Tangga Nada 2 Kres, Sebuah Nada Dasar Musik yang Penting Untuk Diketahui

--

ASCOMAXX.com – Tangga nada adalah susunan yang berjenjang dan berasal dari nada-nada pokok dari sebuah sistem nada. Mulai dari nada dasar sampai dengan nada oktaf, yaitu do, re, mi, fa, so, la, si, do. Namun, ada pula yang menyebut bahwa tangga nada merupakan susunan dari sebuah nada yang dirangkai dengan menggunakan rumus interval dari nada tertentu.

Kini akan kami sampaikan mengenai Pengertian tangga nada 2 kres yang akan kami sampaikan di bawah ini. Silahkan kamu simak disini ya.


Baca juga: Sejarah Kerajaan Kediri: Tahun Berdiri, Masa Kejayaan dan Keruntuhan

Baca juga: Mengenal Jurusan Manajemen Pendidikan Islam: Mata Kuliah Hingga Prospes Kerja yang Menguntungkan

Baca juga: Kumpulan Jargon Pramuka Penggalang yang Singkat dan Bikin Langsung Semangat, Pakai Buat Yel-Yel Regu

Apa itu interval nada? Jadi, interval nada adalah jarak antara nada yang satu dengan nada yang lain. Jarak tersebut beragam, ada yang memiliki jarak ½, ada yang 1, dan juga ada yang 2. Dari jarak tersebut nantinya akan menentukan sebuah variasi nada dan juga jenis tangga nada yang dihasilkan.

Tangga nada Kres digunakan untuk menaikkan nada setengah, sedangkan tangga nada Mol digunakan untuk menurunkan nada setengah. Contoh : C# adalah C naik setengah. Nada C# ini sama dengan Db, karena Db adalah nada D turun setengah. Karena jarak C ke D adalah satu, maka C#=Db.

Sumber:

UPDATE TERBARU