Saturday 4th of May 2024

Sejarah Kerajaan Kediri: Tahun Berdiri, Masa Kejayaan dan Keruntuhan

×

Sejarah Kerajaan Kediri: Tahun Berdiri, Masa Kejayaan dan Keruntuhan

--

ASCOMAXX.com - Kerajaan Kediri merupakan salah satu kerajaan yang menjadi simbol lahirnya Kediri. Kerajaan ini memiliki sejarah yang panjang, karena berada pada puncak kejayaan dan juga keruntuhan. Berikut ini adalah sejarah lengkap dari sejarah Kerajaan Kediri. 

Kerajaan Kediri dipimpin oleh beberapa raja yang terkenal, termasuk Raja Jayabaya yang terkenal dengan ramalannya. Salah satu pencapaian penting dari Kerajaan Kediri adalah epic sastra "Arjunawiwaha", yang ditulis dalam bahasa Jawa Kuno dan menceritakan kisah perjalanan spiritual seorang pangeran.


Kerajaan Kediri juga berperan dalam peristiwa penting seperti perpecahan dengan Kerajaan Kahuripan (Singhasari), yang mengakibatkan berdirinya Kerajaan Singhasari yang kemudian melanjutkan tradisi kekuasaan di pulau Jawa.

Baca juga: Cara Membuat Mind Mapping Sejarah Kerajaan Kutai yang Mudah Buat Belajar

Baca juga: Mengenal Kerajaan Demak, Kesultanan Islam Pertama di Pulau Jawa dan Masa Kejaayaannya

Baca juga: Kerajaan Bercorak Hindu-Budha yang Berlokasi di Pulau Sumatera Adalah?

Awal Terbentuknya Kerajaan Kediri

Kisah berdirinya Kerajaan Kediri berawal dari keputusan Raja Airlangga pada tahun 1041 Masehi untuk membagi wilayah kerajaannya menjadi dua bagian. Langkah ini diambil guna mencegah pertikaian internal, seperti yang terekam dalam Ensiklopedia Sejarah Lengkap Indonesia dari Era Klasik sampai Kontemporer karya Adi Sudirman.

Daerah yang sebelumnya dikuasai oleh Raja Airlangga disebut Kahuripan. Pembagian wilayah ini dilaksanakan oleh seorang Brahmana sakti bernama Empu Bharada, dan menghasilkan dua kerajaan yang dikenal sebagai Kerajaan Jenggala (Kahuripan) dan Panjalu (Kediri).

Batas antara keduanya ditandai oleh Gunung Kawi dan Sungai Brantas, seperti tercermin dalam prasasti Mahaksubya (1289 M), kitab Negarakertagama (1365 M), dan kitab Calon Arang (1540 M).

Sumber:

UPDATE TERBARU