Wednesday 8th of May 2024

Mengenal Puasa Pati Geni: Pengertian, Sejarah Singkat, dan Niat Bacaan Bahasa Jawa dan Artinya

×

Mengenal Puasa Pati Geni: Pengertian, Sejarah Singkat, dan Niat Bacaan Bahasa Jawa dan Artinya

--

ASCOMAXX.com - Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang akan membahas mengenai puasa Pati Geni. Untuk yang penasaran silahkan simak pembahasan berikut ini hingga selesai ya.

Islam menjadi agama mayoritas di Indonesia. Hal ini ternyata tidak lepas dari peranan para ulama penyebar Islam yang menjadi kelompok yang berhasil melakukan penyebaran agama Islam di Indonesia.


Jika membahas agama di Indonesia, pastinya kita sudah mengetahui bahwa Islam adalah agama yang banyak dianut masyarakat. Selain itu Indonesia juga terdiri dari berbagai suku dan budaya, seperti halnya adanya tradisi Jawa.

Salah satu kegiatan kejawen yang berbau Islami yaitu puasa Pati Geni. Apa yang dimaksud dengan puasa Pati Geni?

Baca juga: Contoh Soal dan Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Semester 1 Tahun 2023/2024 Berikut Pembahasannya Materi Bangun Ruang

Baca juga: 3 Rute Ziarah Wali Jawa Tengah Mulai Dari Makam Sunan Kalijaga, Sunan Kudus, dan Sunan Muria

Baca juga: Lokasi Ziarah Wali di Jawa Tengah Lengkap Dengan Alamat dan Jam Buka-Tutupnya, Wisata Religi yang Tak Pernah Sepi

Mengenal Puasa Pati Geni

Dilansir dari berbagai sumber, puasa Pati Geni bukan sembarangan kegiatan. Konon katanya puasa Pati Geni memiliki tujuan agar sosok wanita yang dicintai menjadi tergila - gila.

Akan tetapi ada juga yang mengatakan bahwa puasa Pati geni terdiri dari dua kata yakni pati yang artinya memadamkan dan geni yang berarti api. Memadamkan api yang dimaksud pada tirakat patigeni artinya adalah menahan hawa nafsu karena orang-orang Jawa suka menyimbolkan kekuatan nafsu sebagai api yang membara.

Sumber:

UPDATE TERBARU