Sunday 5th of May 2024

Resep Cara Membuat Jenang Sengkolo 7 Rupa yang Gampang dan Pasti Enak, Pemula yang Baru Belajar Masak Tak Perlu Resah

×

Resep Cara Membuat Jenang Sengkolo 7 Rupa yang Gampang dan Pasti Enak, Pemula yang Baru Belajar Masak Tak Perlu Resah

--

ASCOMAXX.com – Melalui artikel kali ini akan kami berikan informasi mengenai resep cara membuat jenang sengkolo 7 rupa yang gampang dan pasti enak buat pemula. Dijamin irit, dan tidak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya.

Jenang sengkolo lebih dikenal sebagai jenang abang atau jenang abang puteh. Kata sengkolo berasal dari kata morwakala yang berarti menghilangkan balak. Jenang Sengkala dinamakan berdasarkan warna makanan ini. Jenang sengkala berbahan dasar beras yang dimasak dengan menggunakan campuran gula merah dan santan.


Bubur Sengkolo juga dapat diartikan sebagai perwujudan tulang dan darah, merah dan putih. Keberadaan bubur ini menjadi simbol manusia kembali kepada kesucian dan pengantar doa pada Tuhan yang Maha Esa.

Baca juga: Resep dan Cara Masak Siomay Ayam Tidak Keras dan Kenyal, Cocok Untuk Ide Bisnis Rumahan

Baca juga: 4 Ide Resep Menu Lunch Box Untuk Suami Tercinta, Dijamin Makin Romantis dan Harmonis

Baca juga: Resep Membuat Bekal Untuk Suami Western dan Nusantara, Lebih Bervariasi Biar Suami Nggak Bosen

Ketika agama islam masuk ke nusantara, bubur Sengkolo yang dibagi-bagikan kepada tetangga dan sanak saudara juga dimaknai sebagai amal sosial.

Masyarakat Jawa percaya apabila dalam pelaksanaannya doa tidak hanya dipanjatkan begitu saja. Ada beragam sesaji yang disiapkan sebagai bentuk kesungguhan doa. Bubur Sengkolo merupakan salah satu sajian makanan yang paling sering digunakan dalam acara selametan masyarakat Jawa.

Dalam agama islam, Bubur Sengkolo termasuk doa bil isyaroh. Doa yang dalam aplikasinya direalisasikan melalui perlambang. Tujuannya ialah untuk menguatkan doa yang dipanjatkan sehingga kemungkinan terkabul lebih besar.

Sumber:

UPDATE TERBARU