Monday 6th of May 2024

Transmisi Jaringan Komputer: Pengertian, Jenis dan Fungsi Lengkapnya

×

Transmisi Jaringan Komputer: Pengertian, Jenis dan Fungsi Lengkapnya

--

ASCOMAXX.com - Transmisi jaringan komputer ini mengacu pada media atau alat yang digunakan untuk melakukan penghubungan antar jaringan komputer. Berikut ini akan kami bagikan mengenai transmisi jaringan komputer. Simak selengkapnya dibawah ini.

Jaringan komputer merujuk pada kumpulan komputer yang tersambung satu sama lain. Di dalam konteks jaringan komputer, terdapat istilah yang dikenal sebagai konfigurasi jaringan. Menurut KBBI, konfigurasi merujuk pada unsur-unsur yang membentuk suatu sistem atau rangkaian.


Setiap titik akhir yang terhubung dalam suatu jaringan memiliki identifikasi khusus, yang umumnya dikenal sebagai alamat IP atau alamat kontrol akses media. Titik akhir ini meliputi server, komputer, telepon, dan perangkat keras jaringan lainnya.

Baca juga: Kenapa Save Video Instagram Tidak Ada Suaranya? Ternyata Ini Penyebabnya

Baca juga: Jenis Topologi Jaringan Komputer Beserta Pengertian Lengkapnya!

Baca juga: Terjemahan Bahasa Inggris Cerita Sangkuriang dan Dayang Sumbi atau Legenda Gunung Tangkuban Perahu Lengkap Dengan Amanatnya

Transmisi Jaringan Komputer

Transmisi dalam jaringan komputer berfungsi sebagai penghubung antara perangkat-perangkat yang ada. Saat ini, terdapat dua jenis utama transmisi yang banyak digunakan, yaitu melalui kabel dan secara nirkabel.

Kedua metode ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Perbedaan terletak pada kecepatan transfer data, stabilitas koneksi, kemudahan pemasangan, serta ketahanan terhadap gangguan.

Contoh-contoh media transmisi yang penting untuk diketahui meliputi kabel serat optik dan kabel koaksial. Sementara dalam transmisi nirkabel, ada metode seperti inframerah dan frekuensi radio.

Sumber:

UPDATE TERBARU