Sunday 19th of May 2024

Transmisi Jaringan Komputer: Pengertian, Jenis dan Fungsi Lengkapnya

×

Transmisi Jaringan Komputer: Pengertian, Jenis dan Fungsi Lengkapnya

--

Di lingkungan sekolah, penggunaan kabel umumnya lebih umum dalam jaringan komputer. Namun, penggunaan teknologi nirkabel juga semakin meningkat, terutama di sekolah-sekolah di Indonesia.

Jenis-jenis Media Transmisi Jaringan Komputer

Media Transmisi Fisik


1. Kabel Twisted Pair
Kabel twisted pair merupakan jenis media fisik yang paling umum digunakan. Terdiri dari dua konduktor berinsulasi yang dililitkan bersama, kabel ini sering dibundel dalam selubung pelindung.

2. Kabel Coaxial
Kabel coaxial memiliki lapisan luar berbahan plastik dengan lapisan insulasi PVC serta dua konduktor paralel dengan pelindung terisolasi.

3. Kabel Serat Optik
Kabel serat optik menggunakan pantulan cahaya melalui inti kaca atau plastik yang dikelilingi oleh lapisan penutup yang kurang padat (cladding). Jenis ini umumnya digunakan untuk transmisi data dalam skala besar.

4. Stripline
Stripline adalah saluran transmisi elektromagnetik transversal, dikembangkan pada 1950-an.

5. Microstripline
Microstripline terdiri dari konduktor di atas substrat dielektrik dengan bidang ground, ditemukan pada tahun 1952.

Baca juga: Contoh Stempel Logo Kios Sembako, Kumpulan Desain Bisa Kamu Pilih!

Baca juga: Macam-macam Jaringan Komputer, Mulai Cakupan Lokal Hingga Luas!

Baca juga: Jenis Topologi Jaringan Komputer Beserta Pengertian Lengkapnya!

Media Transmisi Non-Fisik

1. Gelombang Radio
Gelombang radio adalah metode nirkabel yang mentransmisikan sinyal radio melalui udara, baik untuk jarak jauh seperti antar kota, wilayah, maupun negara, maupun untuk jarak pendek di dalam ruangan.

2. Gelombang Mikro
Gelombang mikro adalah bentuk gelombang radio yang dapat mengirimkan sinyal dengan kecepatan tinggi, bahkan hingga 4.500 kali lebih cepat dari modem dial-up.

3. Inframerah
Inframerah adalah teknologi nirkabel yang menggunakan gelombang cahaya inframerah untuk mentransmisikan data antar perangkat seperti komputer, mouse, printer, dan ponsel pintar.

4. Satelit
Satelit komunikasi berfungsi sebagai stasiun ruang angkasa yang menerima dan memancarkan sinyal gelombang mikro dari dan ke stasiun di permukaan bumi.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan mengenai transmisi jaringan komputer beserta jenis dan pengertian lengkapnya. Sekian informasi yang bisa kami bagikan, semoga bisa bermanfaat dan selamat belajar.

Sumber:

UPDATE TERBARU