Saturday 4th of May 2024

Jenis Topologi Jaringan Komputer Beserta Pengertian Lengkapnya!

×

Jenis Topologi Jaringan Komputer Beserta Pengertian Lengkapnya!

--

ASCOMAXX.com - Dalam menyusun jaringan komputer dibutuhkan topologi yang sesuai agar memudahkan dan tertata semua sistemnya. Nah, topologi ini dibedakan menjadi beberapa jenis. Berikut ini akan kami bagikan jenis tersebut beserta dengan penjelasannya.

Jaringan komputer merujuk pada kumpulan komputer yang tersambung satu sama lain. Di dalam konteks jaringan komputer, terdapat istilah yang dikenal sebagai konfigurasi jaringan. Menurut KBBI, konfigurasi merujuk pada unsur-unsur yang membentuk suatu sistem atau rangkaian.


Setiap titik akhir yang terhubung dalam suatu jaringan memiliki identifikasi khusus, yang umumnya dikenal sebagai alamat IP atau alamat kontrol akses media. Titik akhir ini meliputi server, komputer, telepon, dan perangkat keras jaringan lainnya.

Jaringan bisa bersifat privat atau publik. Dalam penggunaan jaringan pribadi, umumnya diperlukan autentikasi pengguna untuk memasukkan kredensial seperti kata sandi, yang bisa dimasukkan secara manual oleh administrator atau diberikan langsung kepada pengguna. Di sisi lain, dalam penggunaan jaringan publik seperti internet, akses tidak terbatas.

Baca juga: Jenis Konfigurasi Jaringan di Smartphone yang Bisa Dilakukan, Berikut Langkah Mudahnya!

Baca juga: Wifi 5 Mbps Bisa Untuk Berapa Orang Biar Jaringan Tidak Lemot dan Buffering, Begini Penjelasannya

Baca juga: Cara Mengatasi Gagal Login ke Jaringan Telkomsel Terbaru 2023, Ampuh Bikin Jaringan Internetmu Kembali Normal

Mengenal Topologi Jaringan

Topologi jaringan mengacu pada susunan fisik atau geometri hubungan antara perangkat-perangkat komputer dalam suatu jaringan. Ini mencakup bagaimana komputer, server, perangkat penyimpanan, dan elemen jaringan lainnya terhubung satu sama lain.

Topologi jaringan memainkan peran penting dalam menentukan cara komunikasi dan pertukaran data di dalam jaringan. Pemilihan topologi jaringan yang tepat sangat penting dalam perancangan jaringan komputer, karena akan mempengaruhi cara data mengalir dan berinteraksi dalam jaringan tersebut.

Jenis Topologi Jaringan Komputer

Bus

Topologi bus adalah susunan jaringan dengan satu kabel tunggal yang menghubungkan setiap workstation dan server. Keuntungan topologi bus adalah kemudahan dalam menambahkan workstation baru tanpa mengganggu yang sudah ada. Namun, jika kabel rusak atau putus, dapat mengganggu keseluruhan jaringan.

Topologi Jaringan Komputer Bus

Sumber:

UPDATE TERBARU