Friday 10th of May 2024

Jajanan Ciki Ngebul Berbahaya atau Tidak? Berikut Penjelasan Pakar Kimia Farmasi Kampus Unair Surabaya

×

Jajanan Ciki Ngebul Berbahaya atau Tidak? Berikut Penjelasan Pakar Kimia Farmasi Kampus Unair Surabaya

--

ASCOMAXX.com - Jajanan ciki ngebul saat ini sudah banyak yang menjual, terutama di pasar malam maupun pada sebuah acara masyarakat. Jajanan ini banyak pecintanya, mulai anak-anak hingga dewasa. Lantas, bahaya atau tidak jajanan satu ini?

Baru-baru ini telah ditemukan kasus keracunan dari jajanan ciki ngebul yang menimpa anak Sekolah Dasar (SD) di Tasikmalaya, Jawa Barat . Setelah mengkonsumsi ini, mereka mengalami mual, muntah, dan begah perut.


Baca juga: Rencana Pembangunan Bendungan Kampak Trenggalek, Masih Berupa Desain dan Jadi Bendungan Terkecil di Trenggalek

Baca juga: Proyek Pembangunan Bendungan Leuwikeris Tasikmalaya Ditarget Rampung 2023

Baca juga: Kronologi Pasutri Bakar Kios dan Sepeda Motor Karena Uang Rp 100 Ribu, Netizen: Yang Tersisa Hanya Penyesalan

Ciki ngebul merupakan jajanan makanan ringan seperti ciki dan sereal yang diberi topping dan cairan nitrogen baik dalam bentuk gas maupun cairan/liquid.

Pandangan Pakar Unair Terhadap Ciki Ngebul 

Menurut pakar Unair, Dosen Kimia Farmasi Fakultas Farmasi (FF) Universitas Airlangga (UNAIR) Drs apt Marcellino Rudyanto MSi PhD, mengatakan bahwa nitrogen merupakan senyawa inert yang artinya tidak bereaksi dengan senyawa lain.

Sumber:

UPDATE TERBARU