Saturday 15th of June 2024

Tahfidz Quran di Pondok Pesantren Al Munawaroh Jombang, Salah Satu Ponpes Berbasis Salafiyah di Jawa Timur

×

Tahfidz Quran di Pondok Pesantren Al Munawaroh Jombang, Salah Satu Ponpes Berbasis Salafiyah di Jawa Timur

--

Lokasi Pondok Pesantren Al Munawaroh

Pondok Pesantren Al Munawaroh sendiri berlokasi di Jl. Ngemplak, RT.03/RW.05, Gedangan, Ngudirejo, Kec. Diwek, Kabupaten Jombang.

Baca juga: 7 Jenis Kredit Bank Aceh Syariah yang Tawarkan Pinjaman Ramah Untuk Nasabah Muslim


Baca juga: Tanda Seseorang Mengamalkan Ilmu Makrifat Diri, Sebuah Pelajaran yang Wajib Diketahui Umat Muslim

Baca juga: Film The Kerala Story (2023) Dikecam Aktivis Muslim! Sutradara:  Hanya Para Jihadis dan Radikal yang Menentang Film Saya

Tahfidz Quran Pondok Pesantren Al Munawaroh

Pondok ini memiliki program khusus tahfidz Quran, yaitu hafalan empat juz dalam satu semester. Sehingga ketika lulus bisa khatam sebanyak 30 juz.

Namun setiap santri tidak bisa langsung menghafal, dua semester awal untuk perbaikan bacaan dan tajwid. Jadi lumayan ketat. Sehingga kualitas hafalan menjadi standard sesuai kaidah.

Untuk kitab kuning beberapa yang dipelajari adalah tafsir seperti Jalalain, Ibnu Katsir, dan Ayatul Ahkam. Kemudian untuk hadist ada Ibanatul Ahkam, Shohih Bukhori dan Muslim.

Fiqh belajar Fathul Qorib, Fathul Mu’in, Kasyifatus Saja’ dan lainnya. Ushul Fiqih belajar Mabadi’, Assulam, Waraqot, untuk Nahwu tersedia Jurumiyah, Imrithi, Mutammimah, dan Alfiyah, cukup lengkap. Serta beberapa kitab lain yang menjadi dasar pembelajaran pesantren salafiyah.

Sumber:

UPDATE TERBARU