Saturday 4th of May 2024

Tanda Seseorang Mengamalkan Ilmu Makrifat Diri, Sebuah Pelajaran yang Wajib Diketahui Umat Muslim

×

Tanda Seseorang Mengamalkan Ilmu Makrifat Diri, Sebuah Pelajaran yang Wajib Diketahui Umat Muslim

--

ASCOMAXX.com – Makrifat bukan sebuah istilah yang asing di telinga ketika kita membicarakan tentang agama. Melalui artikel ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang akan membahas tentang ilmu makrifat diri. Langsung saja ikuti pembahasan ini untuk mengetahui informasi selengkapnya. 

Makrifat bisa dikatakan juga bagian dari tasawuf dimana manusia lebih mengenal Sang Penciptanya. Berdasarkan buku Rahasia Shalatnya Orang-orang Makrifat karya Imam Al Ghazali (2019), makrifatullah adalah pengetahuan yang di dalam hati tidak memiliki keraguan terhadap Dzat dan sifat Allah.


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengatakan bahwa pengertian makrifat adalah bagian dari tingkat penyerahan diri kepada Tuhan, yang naik setingkat demi setingkat sehingga sampai ke tingkat keyakinan yang kuat. Cek selengkapnya di sini!

Baca juga: Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Daarul Rahman Jakarta, Turut Ikuti kemajuan Teknologi dan Berpegang Teguh Pada Ilmu Agama Islam

Baca juga: Profil dan Biodata Alisa Manyonok Si Barbie Lapangan Voli: Agama, Usia, Isntagram, Zodiak

Baca juga: 5 Pondok Pesantren Tertua di Jawa Timur, Tempat Belajar Agama Islam Untuk Putra dan Putri

Melalui buku berjudul Akhlak Tasawuf oleh Abuddin Nata, pengertian makrifat adalah upaya penghayatan kepada Allah SWT (makrifatullah) menjadi tujuan utama dan sekaligus menjadi inti ajaran tasawuf.

Ciri – ciri Orang Makrifat

  1. Tanda makrifat adalah bagi orang arif mereka bangga dalam kepapaannya, apabila disebut nama Allah SWT dia bangga. Apabila disebut nama dirinya dia merasa miskin.
  2. Tanda makrifat adalah jika mata yang terdapat dalam hati terbuka, mata kepalanya akan tertutup, dan saat itu yang dilihatnya hanya Allah SWT.
  3. Tanda makrifat adalah memahami bahwa makrifat merupakan cermin, jika seorang arif melihat ke cermin maka yang dilihatnya hanyalah Allah SWT.
  4. Tanda makrifat adalah semua yang dilihat orang arif baik waktu tidur maupun saat terjaga hanyalah Allah SWT.
  5. Tanda makrifat adalah seandainya makrifat berupa bentuk materi, semua orang yang melihat padanya akan mati karena tak tahan melihat betapa sangat luar biasa cantik serta indahnya, dan semua cahaya akan dikalahkan dengan cahaya keindahan yang sangat gemilang tersebut.

Sumber:

UPDATE TERBARU