Thursday 25th of April 2024

5 Pondok Pesantren Tertua di Jawa Timur, Tempat Belajar Agama Islam Untuk Putra dan Putri

×

5 Pondok Pesantren Tertua di Jawa Timur, Tempat Belajar Agama Islam Untuk Putra dan Putri

--

ASCOMAXX.com – Artikel berikut ini adalah informasi mengenai daftar pondok pesantren tertua di Jawa Timur yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Berdasarkan beberapa sumber, pondok pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam tradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kiai dan mempunyai asrama untuk tempat menginap santri.


Baca juga: Tujuan Irama Shaba dalam Membaca Al Qur'an, Ada 4 Hal yang Harus Umat Islam Tahu!

Baca juga: Contoh Desain Dekorasi Panggung Pengajian Sederhana yang Islami dan Modern

Baca juga: Sejarah Pondok Pesantren Tazkia Malang, Yayasan Sekolah Islam Modern Bertaraf Internasional

Santri tersebut berada dalam kompleks yang juga menyediakan masjid untuk beribadah, ruang untuk belajar, dan kegiatan keagamaan lainnya. Biasanya, area kompleks dikelilingi oleh tembok untuk dapat mengawasi keluar masuknya para santri sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Daftar Pondok Pesantren Tertua di Jawa Timur

Jawa Timur memiliki banyak pondok pesantren yang tersebar di berbagai kota. Nah, pondok pesantren tersebut tentunya ada yang telah berdiri sangat lama. Lantas, manakah yang paling tua?

Berikut ini adalah daftar pondok pesantren tertua di Jawa Timur yang harus kamu ketahui:

1. Pesantren Al-Hamdaniyah

Pesantren ini didirikan oleh KH Hamdani pada tahun 1787. Terletak di Desa Siwalan Panji, Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Pondok ini memiliki bentuk bangunan yang masih asli dan unik. Terutama keunikan untuk para santrinya.

Sumber:

UPDATE TERBARU