Sunday 14th of July 2024

15 Huruf Ikhfa dan Cara Membacanya yang Benar Sesuai Dengan Hukum Tajwid

×

15 Huruf Ikhfa dan Cara Membacanya yang Benar Sesuai Dengan Hukum Tajwid

--

ASCOMAXX.com - Buat kamu yang ingin belajar mengenai agama lebih dalam, berikut ini adalah informasi mengenai 15 huruf ikhfa dan cara membacanya yang sesuai dengan hukum tajwid yang wajib diketahui oleh umat muslim. Cekidot! 

Al Qur’an merupakan kitab suci agama Islam. Sebagai umat muslim kita berpegang teguh kepada Al Quran sebagai petunjuk menjalankan hidup di dunia ini. Semua bacaan dalam Al Quran memiliki kedahsyatannya masing – masing.


Setiap hari setiap saat sebagai umat muslim pasti kita semua berlomba – lomba untuk memperbanyak amalan – amalan yang sholih. Salah satunya yakni bertadarus atau mendalami ayat suci Al Qur’an.

Baca juga: Membaca Al Quran dengan Ilmu Tajwid Hukumnya Adalah? Berikut Penjelasan yang Umat Muslim Harus Tau!

Baca juga: Kumpulan Contoh Bacaan Idgham Mutamatsilain dalam Al Quran, Mempermudah dalam Memahami Hukum Tajwidnya

Baca juga: Contoh Soal Essay Tajwid, Disertai dengan Jawaban dan Pembahasannya

Al Quran diturunkan pada tanggal 17 bulan Ramadhan. Hal itu juga sesuai dalam Quran surat Al Anfal ayat 41, Allah SWT berfirman

 ۞ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّمَا غَنِمْتُمْ مِّنْ شَيْءٍ فَاَنَّ لِلّٰهِ خُمُسَهٗ وَلِلرَّسُوْلِ وَلِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَابْنِ السَّبِيْلِ اِنْ كُنْتُمْ اٰمَنْتُمْ بِاللّٰهِ وَمَآ اَنْزَلْنَا عَلٰى عَبْدِنَا يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعٰنِۗ وَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya: Dan ketahuilah, sesungguhnya segala yang kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka seperlima untuk Allah, Rasul, kerabat Rasul, anak yatim, orang miskin dan ibnu sabil, (demikian) jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang Kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqan, yaitu pada hari bertemunya dua pasukan. Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

Tajwid adalah kata yang berasal dari bahasa Arab, yaitu jawwada, yujawwidu, tajwiidan, yang artinya membaguskan. Jadi, tajwid adalah ilmu untuk mengetahui bagaimana cara melafalkan huruf yang benar dan di benarkan. Selengkapnya di bawah ini.

Sumber:

UPDATE TERBARU