Tuesday 30th of April 2024

Kumpulan Ide Program Kerja OSIS SMP, SMA, SMK Dalam Segala Bisang, Bisa Untuk Dicontoh!

×

Kumpulan Ide Program Kerja OSIS SMP, SMA, SMK Dalam Segala Bisang, Bisa Untuk Dicontoh!

--

ASCOMAXX.com - Setiap organisasi tentunya harus memiliki program kerja yang akan dijalakan. Program kerja ini penting agar organisasi memiliki kinerja dan manfaat untuk yang lain. Berikut ini beberapa contoh program kerja OSIS yang bisa dijadikan contoh dan inspirasi.

OSIS adalah singkatan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. Osis adalah sebuah organisasi yang terdiri dari siswa-siswa yang dipilih dari berbagai tingkat pendidikan di sebuah sekolah. OSIS bertujuan untuk mewakili suara dan kepentingan siswa, serta memfasilitasi berbagai kegiatan di sekolah.


Peran dan tanggung jawab OSIS dapat bervariasi di setiap sekolah, tetapi secara umum mereka berfungsi sebagai wadah siswa dalam aktifitas sekolah dan memperjuangkan kepentingan siswa. Anggota setiap OSIS sendiri juga memiliki dan mengemban tugas yang berbeda untuk melaksanakan program kerja yang ada.

Baca juga: Bisakah Daftar PPDB di 2 Sekolah Sekaligus Tahun 2023 Ini, Ternyata Ada Prosedurnya

Baca juga: Zonasi Sekolah Jenjang SMA Kota Bandung Tahun 2023/2024: Pembagian Kuota Serta Persyaratan yang Harus Dipenuhi

Baca juga: Cara Cek Jalur Zonasi Sekolah Jakarta Tahun Ajaran 2023/2024 Untuk SD, SMP dan SMA/SMK

Pengertian Program Kerja

Program kerja organisasi sendiri merupakan sebuah rencana kegiatan yang dirancang untuk mencapai tujuan dan visi organisasi. Program kerja ini merupakan panduan bagi anggota organisasi dalam menjalankan tugas dan mengimplementasikan strategi yang telah ditetapkan.

Program kerja dapat meliputi berbagai bidang, seperti pengembangan anggota, pelayanan masyarakat, pengembangan keterampilan, penggalangan dana, acara atau kegiatan khusus, dan sebagainya. Tentunya program kerja inidirancang dan disusun secara sistematis untuk mencapai tujuan dan visi organisasi.

Inspirasi Program Kerja OSIS Kreatif

Contoh Program Kerja Bidang Sosial

  • Mengadakan penggalangan dana saat terjadi musibah atau bencana yang terjadi di Indonesia
  • Melaksanakan kegiatan bakti sosial secara rutin setiap dua bulan sekali di lokasi panti asuhan dan rumah sosial
  • Memberikan informasi terkait kegiatan relawan yang dibuka untuk siswa sekolah menengah secara aktif agar bisa diikuti para siswa
  • Memperbaiki tempat parkir sepeda dan motor dan menambahkan rak helm untuk siswa

Sumber:

UPDATE TERBARU