Sunday 19th of May 2024

Operasi Caesar Pada Persalinan: Hal yang Perlu Diperhatikan Serta Efek Samping!

×

Operasi Caesar Pada Persalinan: Hal yang Perlu Diperhatikan Serta Efek Samping!

--

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Operasi

Sebelum menjalani operasi sesar, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh pasien:

  1. Tes darah akan dilakukan untuk mengetahui golongan darah dan kadar hemoglobin pasien, yang penting untuk mempersiapkan jika diperlukan transfusi darah selama operasi.


  2. Tes amniocentesis mungkin akan dilakukan untuk mengevaluasi perkembangan paru-paru janin, terutama jika operasi sesar direncanakan sebelum usia kehamilan 39 minggu.

  3. Pasien diharapkan untuk mandi dengan sabun antiseptik satu hari sebelum dan pada pagi hari operasi. Disarankan juga untuk memotong kuku jari tangan dan kaki.

  4. Pasien tidak disarankan mencukur bulu kemaluan sendiri, tugas tersebut akan dilakukan oleh petugas medis jika diperlukan.

  5. Sebelum operasi, pasien akan diminta untuk berpuasa selama beberapa jam dan mengonsumsi obat yang ditentukan, seperti antibiotik, anti-mual, atau obat maag.

Baca juga: Gejala Penyakit Frozen Shoulder : Sebuah Penyakit yang Menyerang Tulang Sendi di Bahu Akibat Diabetes, Perhatikan Gejala Awalnya!

Baca juga: Penyebab Penyakit Ulkus Diabetikum dan Cara Mengatasiny Agar Luka Cepat Mengering

Baca juga: Mengenal Penyakit Kista Ovarium: Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati

Efek Samping Setelah Operasi Caesar

Operasi sesar memiliki risiko efek samping dan komplikasi, baik bagi ibu maupun bayi. Beberapa komplikasi atau efek samping yang dapat terjadi pada ibu antara lain:

  1. Perdarahan yang parah.
  2. Reaksi alergi terhadap obat bius.
  3. Cedera selama operasi, seperti sayatan pada kandung kemih atau usus.
  4. Infeksi pada luka operasi, lapisan dalam rahim (endometritis), atau saluran kemih.
  5. Risiko terbentuknya gumpalan darah, terutama di kaki atau panggul.
  6. Gangguan pada kehamilan berikutnya, seperti plasenta akreta.

Penting untuk diingat bahwa komplikasi dan efek samping ini tidak selalu terjadi dan dapat bervariasi untuk setiap individu. Dokter dan tim medis akan melakukan langkah-langkah pencegahan dan pengawasan yang diperlukan selama operasi sesar guna mengurangi risiko terjadinya komplikasi tersebut.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkaitOperasi Caesar Pada Persalinan beserta hal yang perlu diperhatikan dan juga efek samping yang mungkin terjadi. Semoga artikel yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU