Wednesday 15th of May 2024

Apa Gunung Tertinggi di Pulau Kalimantan? Ini Dia Daftarnya! Masih Banyak yang Belum Terjamah Manusia

×

Apa Gunung Tertinggi di Pulau Kalimantan? Ini Dia Daftarnya! Masih Banyak yang Belum Terjamah Manusia

--

Secara astronomis, Pulau Kalimantan terletak di antara 4° 24′ LU – 4° 10′ LS dan 108° 30′ BT – 119° 00′ BT sehingga Pulau Kalimantan dilintasi garis khatulistiwa.

Baca juga: Pesona Bendungan Karalloe, Wisata Alam Unik dan Asyik di Sulawesi Selatan


Baca juga: Fakta Menarik Bendungan Pamarayan Lama dan Baru, Berdiri Sejak Tahun 1925

Baca juga: Seram! Cerita Bendungan Pamarayan yang Dijaga Nyai Mujibah, Sosok Siluman yang Rutin Minta Tumbal Setiap Tahun

Gunung Tertinggi di Pulau Kalimantan

Gunung merupakan sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Gunung sendiri merupakan bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya.

Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan biasanya juga tergantung dari adat lokal.

Berikut ini adalah beberapa gunung tertinggi di Pulau Kalimantan:

1. Gunung Bukit Raya

Gunung Bukit Raya menjadi gunung tertinggi di Kalimantan yang mencapai ketinggian 2.278 mdpl. Gunung tertinggi ini termasuk ke dalam area konservasi yang tertelat di daerah Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah.

2. Gunung Batu Jamak

Gunung Batu Jamak memiliki ketinggian 2.250 mdpl. Gunung ini cukup luas dan juga menjadi gunung pertama tertinggi di wilayah Kalimantan Utara. Gunung ini juga encakup 3 daerah yaitu Boh River, Kabupaten Malinau dan Agung Baru.

Sumber:

UPDATE TERBARU