Sunday 5th of May 2024

Arti Kode ICD 10 Pada Penyakit Frozen Shoulder, Infeksi Tulang Sendi Pada Bahu yang Perlu Diwaspadai!

×

Arti Kode ICD 10 Pada Penyakit Frozen Shoulder, Infeksi Tulang Sendi Pada Bahu yang Perlu Diwaspadai!

--

ASCOMAXX.com - Diagnosis frozen shoulder atau adhesive capsulitis merupakan diagnosis klinis yang dapat ditegakkan berdasarkan keluhan yang dirasakan pasien. Biasanya pasien mengeluhkan nyeri kronis yang membatasi gerak dan fungsi bahu selama 2-3 bulan. Pemeriksaan fisik seperti lingkup gerak sendi yang terbatas akan memperkuat diagnosis.

Secara umum, penyakit ini terjadi karena terbentuknya jaringan parut pada kapsul pelindung yang ada di sendi bahu. Kapsul pelindung ini berupa jaringan ikat yang saling berhubungan. Fungsi dari kapsul ini adalah melindungi tulang, ligamen, dan tendon yang membangun sendi bahu.


Jaringan parut yang muncul bisa membuat kapsul pelindung menebal sehingga sendi bahu sulit digerakkan. Kondisi inilah yang disebut dengan frozen shoulder. Nah maka dari itu sesuai dengan judul, akan kami bagikan mengenai Arti Kode ICD 10 Frozen Shoulder khususnya untuk kamu yang merupakan tenaga medis yang dapat berguna untukmu.

Baca juga: Gejala Gout Arthritis yang Ternyata Bisa Terjadi Karena Faktor Genetik, Begini Bahayanya

Baca juga: Daftar Kode ICD 10 Gout Arthritis, Benjolan di Kaki yang Kerap Disepelekan, Bisa Bahaya!

Baca juga: Waspada! Gejala Penyakit Kolesterol Tinggi, Beserta Bahayanya yang Bisa Menyerang Segala Usia

Beberapa faktor risiko lain yang bisa memicu terjadinya frozen shoulder, yaitu:

-Usia dan jenis kelamin. Cedera pada sendi bahu paling banyak dialami oleh perempuan dan orang-orang yang berusia di atas 40 tahun.
-Penyakit sistemik. Sebagian dari jenis penyakit ini adalah gangguan pada penyakit dan pembuluh darah, kelenjar tiroid (hipertiroid atau hipotiroid), tuberkulosis, parkinson, dan diabetes.
-Berada dalam keadaan diam atau tidak banyak bergerak untuk jangka waktu lama. 
-Bahu yang jarang digerakkan atau tidak digunakan memiliki risiko tinggi terkena penyakit ini. Keadaan ini biasanya disebabkan oleh cedera yang dialami seperti patah tulang, cedera pada kumpulan otot rotator cuff bahu, pemulihan setelah operasi, hingga stroke.

Sumber:

UPDATE TERBARU