Sunday 19th of May 2024

Spot Wisata Bendungan Pamarayan yang Cocok Banget Buat Liburan Weekend: Irit dan Estetik

×

Spot Wisata Bendungan Pamarayan yang Cocok Banget Buat Liburan Weekend: Irit dan Estetik

--

Wisata Bendungan Pamarayan

Bendung Pamarayan terletak di dua wilayah, sebagian terletak di Desa Pamarayan, Kecamatan Pamarayan, dan setengah badan bendungan terletak di Desa Panyabrangan, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Bangunan Bendung Lama Pamarayan mempunyai panjang 191,65 m yang terdiri atas bangunan utama, ruang kontrol, bendungan sekunder, ruang lori, jembatan, serta rel lori.


Bangunan pintu air Pamarayan memiliki konstruksi many spanned bridge with towers compositions (bentangan sepanjang sungai dan memiliki bangunan menara), dengan 10 pintu air, mirip dengan Bendung Pintu Air 10 yang berada di Kota Tangerang.

Daya Tarik

Arsitektur bendungan ini sendiri terinspirasi dari bangunan kuil di Athena (Yunani) yang dibangun antara 437-432 SM atau pintu gerbang (gateway) dengan prinsip konstruksi an opening within flinking column and entablature (sebuah bukaan yang diapit kolom ber-entablature).

Pada prinsipnya bangunan ini menerapkan arsitektur order yang berdenah empat persegi panjang. Kolom-kolomnya berbentuk persegi masif untuk memudahkan akses ke bagian depan dan belakang bangunan pintu air.

Baca juga: Sejarah Bendungan Bintang Bano NTB, Masuk ke Proyek Strategis Nasional (PSN) dan Diresmikan Presiden Jokowi Tahun 2022

Baca juga: Pesona Wisata Bendungan Walahar, Sajikan Vibes Vintage yang Instagramable

Baca juga: Healing ke Bendungan Walahar, Cek Lokasi, Rute, Harga Tiket, Fasilitas, dan Rekomendasi Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan

Sumber:

UPDATE TERBARU