Saturday 18th of May 2024

Gelontorkan Dana Rp 578 Miliar Buat Bendungan Gongseng, Pemerintah Galakkan Produksi Pertanian Lokal

×

Gelontorkan Dana Rp 578 Miliar Buat Bendungan Gongseng, Pemerintah Galakkan Produksi Pertanian Lokal

--

Di dunia ini ada banyak seklai bendungan. Lantaran manfaatnya yang sangat berguna buat menunjang kehidupan bermasyarakat. Tak heran adanya bendungan ini juga bervariasi di berbagai negara.

Sejak pembangunannya sendiri terhitung butuh waktu delapan tahun untuk membangun bendungan di Desa Kedungsari Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur itu. Cek di sini.

Pemerintah Gelontorkan Dana Rp 578 Miliar Buat Bendungan Gongseng


Bendungan Gongseng yang memiliki nilai kontrak sebesar Rp 578 miliar ini dibangun oleh Hutama Karya sebagai kontraktor pelaksana. Berdaya tampung sebesar 22,43 juta m3 air, Bendungan Gongseng dapat menyediakan air baku sebesar 300 liter per detik serta mampu memenuhi kebutuhan irigasi sawah seluas 6,191 hektar.

“Selain untuk irigasi, bendungan ini juga difungsikan untuk penyediaan air baku 300 liter per detik, konservasi air dan pariwisata, reduksi banjir sebesar 44,70 persen atau 121,18 m3 per detik dari 270,10 m3 per detik menjadi 149,92 m3 persen detik (Q50) serta sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) sebesar 0,7 megawatt.” terang Novias, pihak terkait.

Baca juga: Wisata Bendungan Jatiluhur yang Jadi Waduk Terbesar di Indonesia Cek Harga Tiket, Lokasi, Serta Jam Operasionalnya

Baca juga: Mitos dan Misteri yang Menyelimuti Waduk Jatiluhur, Konon Merupakan Wilayah Kekuasaan Mbah Jawer

Baca juga: Bendungan Bener Jadi Waduk Tertinggi Nomor 2 di Asia dan Pertama di Indonesia

Sumber:

UPDATE TERBARU