Thursday 16th of May 2024

Mitos dan Misteri yang Menyelimuti Waduk Jatiluhur, Konon Merupakan Wilayah Kekuasaan Mbah Jawer

×

Mitos dan Misteri yang Menyelimuti Waduk Jatiluhur, Konon Merupakan Wilayah Kekuasaan Mbah Jawer

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai misteri-misteri yang ada di Bendungan Jatiluhur, Purwakarta. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Diketahui bendungan merupakan sebuah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk, danau, atau tempat rekreasi. Hingga saat ini, di Indonesia sendiri sudah ada banyak bendungan di tiap daerah baik sudah lama dibuat hingga baru.


Membaca kisah misteri memang bikin penasaran. Begitu pula dengan misteri mengenai sosok yang menurut masyarakat sekitar dianggap sebagai penunggu bendungan Jatiluhur.

Baca juga: Wisata Bendungan Jatiluhur yang Jadi Waduk Terbesar di Indonesia Cek Harga Tiket, Lokasi, Serta Jam Operasionalnya

Baca juga: Sempat Batal Dibangun, Bendungan Kuningan Kini Sanggup Memenuhi Kebutuhan Air Jawa Barat dan Jawa Tengah

Baca juga: Bendungan Katulampa Bogor: Lokasi, Harga Tiket, Jam Operasional, dan Fasilitas Wisata yang Menarik

Waduk Jatiluhur berada di Jatimekar, Kec. Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Waduk Jatiluhur dari pusat kota Purwakarta berjarak kurang lebih 11 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan.

Waduk Jatiluhur memiliki panorama danau dengan luas 8.300 ha. Dilengkapi berbagai fasilitas rekreasi, seperti hotel dan bungalow, bar dan restoran, lapangan tenis, bilyard, perkemahan, kolam renang, ruang pertemuan, sarana rekreasi serta olahraga air, playground, dan fasilitas lainnya.

Waduk Jatiluhur mengairi irigasi dengan luas 242.000 ha, serta difungsikan juga untuk penyediaan air baku, budidaya, dan penanggulangan banjir.

Namun di balik kemegahan waduk terbesar di Indonesia ini rupanya tersimpan sepotong kisah misteri, di bawah ini selengkapnya.

Sumber:

UPDATE TERBARU