Thursday 16th of May 2024

6 Macam Kontraksi yang Wajib Diwaspadai Oleh Ibu Hamil, Jangan Panik

×

6 Macam Kontraksi yang Wajib Diwaspadai Oleh Ibu Hamil, Jangan Panik

--

6 Jenis Kontraksi Saat Hamil

1. Kontraksi Dini

Kontraksi dini biasanya dirasakan ibu hamil saat trimester pertama. Jenis kontraksi tersebut disebabkan oleh meregangnya ligamen di sekitar rahim yang biasanya diikuti oleh perut kembung, sering buang angin, sembelit, dan kekurangan cairan.


2. Kontraksi Palsu atau Braxton Hicks

Kontraksi ini biasanya tidak menyakitkan dan berlangsung antara 30 detik hingga 2 menit. Kontraksi palsu sering terjadi secara acak atau tidak teratur.

3. Kontraksi Prematur

Kontraksi yang teratur sebelum usia kandungan 37 minggu mungkin merupakan tanda persalinan prematur. Selama kontraksi, seluruh perut akan sulit disentuh. Segera hubungi dokter atau bidan jika bunda-bunda mengalaminya.

4. Kontraksi Inersia

Kontraksi inersia sendiri terdiri dari tingkatan primer dan sekunder. Kontraksi inersia primer apabila tidak ada kontraksi sama sekali ketika akan bersalin, sedangkan sekunder merupakan kontraksi semula bagus, kuat, dan teratur, tetapi kemudian menghilang begitu saja.

Baca juga: 3 Rekomendasi Tempat SPA di Harapan Indah Bekasi Dengan Rating Terbaik, Treatment Pijat VIP dan Ada Khusus Ibu Hamil Juga Lho!

Baca juga: Link Nonton Film Bed Rest (2023) Full Movie Sub Indo HD Gratis, Kisah Horor Seorang Ibu Hamil yang Bikin Ngeri

Baca juga: Profil dan Biodata Nissa Asyifa yang Diduga Hamil Anak Alshad Ahmad Kekasih Tiara Andini

5. Kontraksi Akibat Berhubungan Seksual

Kondisi ini akan mereda dalam beberapa jam. Jika disertai dengan gejala yang mengganggu seperti perdarahan, nyeri, keputihan, atau penurunan gerakan janin. Kamu harus segera menghubungi dokter atau bidan.

6. Kontraksi Persalinan

Kontraksi persalinan yang sesungguhnya biasanya terasa semakin lama semakin kuat. Serviks pun semakin terbuka antara 4-10 cm sebagai jalan lahir bayi.

Kontraksi persalinan biasanya berlangsung 3 kali dalam 10 menit, dengan durasi 20 sampai 40 detik. Frekuensinya kemudian meningkat hingga lebih dari 5 kali dalam 10 menit.

Sekian informasi pada kesempatan kali ini yang membahas tentang macam-macam jenis konstraksi yang dirasakan oleh ibu hamil. Semoga hadirnya informasi ini bisa menambah wawasan kamu.

Sumber:

UPDATE TERBARU