Saturday 18th of May 2024

Baru Diresmikan, Intip Manfaat Bendungan Sadawarna yang Janjikan Kesejahteraan Buat Warga Indramayu

×

Baru Diresmikan, Intip Manfaat Bendungan Sadawarna yang Janjikan Kesejahteraan Buat Warga Indramayu

--

ASCOMAXX.com - Simak manfaat dan fungsi dari bendungan Sadawarna. Selasa (27/12/2022) Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Sadawarna di Sumedang, Jawa Barat. Selain untuk mencegah banjir, apa saja sih benefit adanya bendungan ini?

Jawa Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia, ibu kotanya berada di kota Bandung. Pada tahun 2021 penduduk provinsi Jawa Barat berjumlah 48.782.408 jiwa, dengan kepadatan 1.379 jiwa/km².


Secara administratif sejak tahun 2008, kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Barat berjumlah 26 kabupaten/kota terdiri atas 17 kabupaten dan 9 kota dengan 625 kecamatan dan 5.877 desa/kelurahan.

Baca juga: Megah! Bendungan Sadawarna Habiskan Rp 2,065 Triliun, Intip Pesonanya yang Jadi Magnet Wisatawan

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Sadawarna, Targetkan Produktivitas Pertanian Naik 1,8 Juta Ton

Baca juga: Nahas! Begini Kronologi 6 Pelajar Rombongan MTsN 1 Kediri Tergencet Mobil-Bus di Gresik

Sadawarna merupakan bendungan ke-33 yang diresmikan oleh pemerintah sejak 8 tahun terkahir. Tentunya pembangunan fasilitas ini diharapakn dapat meningkatkan performa pertanian warga setempat.

Indramayu merupakan daerah penghasil beras terbesar di Indonesia dan angka produksi berasnya harus terus meningkat. Dengan adanya waduk ini diharapkan produktivtas naik dari 1,3 juta ton menjadi 1,8 juta ton.

Sumber:

UPDATE TERBARU