Thursday 28th of March 2024

Pondok Pesantren Darunnajah, Jakarta: Profil, Visi, Misi, Lokasi, dan Sejarah

×

Pondok Pesantren Darunnajah, Jakarta: Profil, Visi, Misi, Lokasi, dan Sejarah

--

Untuk pengelolaan pendidikan diserahkan kepada K.H. Mahrus Amin, alumnus KMI pondok pesantren Gontor yang kemudian menamatkan studinya di IAIN Jakarta, beliau mulai menetap di Jakarta pada tanggal 2 Febuari 1961.

Baca juga: Nonton Film Alpha (2018) Full Movie HD Sub Indo, Petualangan Prasejarah Amerika


Baca juga: Siapa Penemu Hukum Faraday? Berikut Sejarah Lengkapnya!

Baca juga: Sejarah Tragis Tragedi Paiton 2003 Kecelakaan Bus Wisata Study Tour ke Bali yang Ditabrak Truk Hingga Terbakar

Kegiatan pendidikan belum dapat dilaksanakan di Ulujami disebabkan banyaknya rintangan dan hambatan namun kegiatan pendidikan tersebut dilaksanakan di Petukangan bersama beberapa tokoh masyarakat yang bekerja sama dengan YKMI diantaranya Ust. Abdillah Amin dan H. Ghozali.

Pada tanggal 1 Agustus 1961, K.H. Mahrus Amin mulai membina Madrasah lbtidaiyah Darunnajah dengan jumlah siswa sebanyak 75 orang. Selanjutnya, pada tahun 1964 dibuka Madrasah Tsnawiyah dan TK Darunnajah dan pada tahun 1970 didirikan panti asuhan.

Pada tanggal 1 April 1974 didirikan Pesantren Darunnajah di Ulujami. Awalnya pesantren hanya mengasuh 3 orang santri kemudian di tahun berikutnya santri terus bertambah.

Bangunan yang pertama kali didirikan adalah masjid dengan ukuran 11 x 11 m2 dan beberapa lokal asrama, perancangan bangunan dilakukan oleh Ir. Ery Cahyadipura, pada awal pembangunannya seluruh santri selalu dilibatkan untuk membantu.

Sumber:

UPDATE TERBARU