Tuesday 14th of May 2024

Siapa Penemu Hukum Faraday? Berikut Sejarah Lengkapnya!

×

Siapa Penemu Hukum Faraday? Berikut Sejarah Lengkapnya!

--

Orang tuanya tergolong keluarga miskin. Ayahnya hanya seorang tukang besi yang harus memberi makan sepuluh anaknya. Tak heran jika ayahnya tak mampu membiayai sekolah anak-anaknya tak terkecuali dengan Faraday.

Baca juga: Daftar Aplikasi Translate Aksara Sunda ke Latin Buat Android dan iOS, Tak Perlu Repot Repot Bawa Kamus Lagi


Baca juga: Mengenal Permainan Domino QQ yang Bisa Menghadirkan Cuan Buat Para Pemainnya Cuma Dengan Rebahan

Baca juga: Jungkook BTS Hapus Akun Instagram, Buat Army Heboh! Followers Capai 50 Juta

Untuk membantu perekonomian keluarga, pada usia 14 tahun Faraday bekerja sebagai penjilid buku sekaligus penjual buku. Di sela-sela pekerjaannya dia manfaatkan untuk membaca berbagai jenis buku, terutama ilmu pengetahuan alam, fisika, dan kimia.

Saat berumur 20 tahun, dia mengikuti ceramah-ceramah yang diberikan oleh ilmuwan Inggris kenamaan. Salah satunya adalah Sir Humphry Davy, seorang ahli kimia yang juga kepala laboratorium Royal Institution.

Davy memiliki pengaruh besar dalam pemikiran Faraday dan telah mengantarkan Faraday pada penemuan-penemuannya. Penemuan Faraday pertama yang penting di bidang listrik terjadi tahun 1821.

Dua tahun sebelumnya Oersted telah menemukan bahwa jarum magnet kompas biasa dapat beringsut jika arus listrik dialirkan dalam kawat yang tidak berjauhan. Dari temuan ini, Faraday berkesimpulan, jika magnet diketatkan, yang bergerak justru kawatnya.

Sumber:

UPDATE TERBARU