Sunday 3rd of March 2024

Hukum Faraday Adalah: Pengertian, Jenis, Bunyi, Prinsip, dan Rumus

×

Hukum Faraday Adalah: Pengertian, Jenis, Bunyi, Prinsip, dan Rumus

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai hukum Faraday yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Fisika menjadi salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada tingkat SMP hingga kuliah jurusan IPA. Mata pelajaran ini memperlajari banyak hal, salah satunya adalah tentang hukum Faraday.


Baca juga: Viral Ini 3 Hakim yang Putuskan Penundaan Pemilu 2024 Selama 2 Tahun Sebagai Hukuman Untuk KPU

Baca juga: Mengenal Robert Boyle, Ilmuwan Kimia dan Fisika Jenius Penemu Hukum Boyle

Baca juga: Hukum Boyle Adalah: Pengertian, Bunyi, Rumus, Persamaan, dan Penerapan dalam Kehidupan Sehari-Hari

Tentang Hukum Faraday

Dilansir dari berbagai sumber, hukum Faraday merupakan hukum fisika yang memiliki sumbangan besar terhadap kemajuan listrik. Hukum ini menjadikan listrik sebagai hal sangat penting bagi kehidupan manusia modern.

Hukum Faraday adalah aturan yang isinya berupa penjelasan tentang hubungan antara massa zat terdapat pada elektrode bermuatan listrik yang dihasilkan suplai elektrolisis.

Jenis Hukum Faraday

Diketahui jika hukum Faraday dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. Hukum Faraday I

Menyatakan jika suatu massa zat yang dilarutkan atau diendapkan akan berbanding lurus dengan muatan yang dilewati dalam sel dan massa ekivalen dari zat tersebut. Berikut ini bunyinya:

"Massa zat yang didapat pada elektroda ketika proses elektrolisis sebanding dengan jumlah muatan listrik yang mengalir."

Sumber:

UPDATE TERBARU