Monday 6th of May 2024

Hukum Hooke Adalah: Pengertian, Bunyi, Rumus, dan Penerapan di Kehidupan Sehari-Hari

×

Hukum Hooke Adalah: Pengertian, Bunyi, Rumus, dan Penerapan di Kehidupan Sehari-Hari

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai hukum Hooke yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Fisika menjadi salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada tingkat SMP hingga kuliah jurusan IPA. Mata pelajaran ini memperlajari banyak hal, salah satunya adalah tentang hukum Hooke.


Baca juga: Ukuran Lapangan Lompat Jauh Adalah? Ini Dia Jawaban dan Peraturan Mainnya!

Baca juga: Hukum Kirchoff Adalah: Pengertian, Bunyi, Rumus, dan Penerapan dalam Kehidupan Sehari-Hari

Baca juga: Spoiler The Villainess Is Shy In Receiving Affection Chapter 21 Bukan Penjahat, Ternyata Melody adalah Keturunan Bangsawan

Tentang Hukum Hooke

Dilansir dari berbagai sumber, hukum Hooke adalah sebuah hukum atau ketentuan tentang gaya yang ada di dalam bidang ilmu fisika yang terjadi karena adanya sifat elastisitas dari sebuah pir ataupun pegas.

Bunyi Hukum Hooke

Diketahui jika berikut ini adalah bunyi hukum Hooke:

“Jika gaya tarik yang diberikan pada sebuah pegas tidak melampaui batas elastis bahan maka pertambahan panjang pegas berbanding lurus atau sebanding dengan gaya tariknya”.

Kesimpulan dari hukum hooke yaitu saat gaya yang kita berikan dapat melampaui batas elastisitas, maka benda tersebut tidak dapat kembali ke bentuk semula.

Sumber:

UPDATE TERBARU