Friday 3rd of May 2024

Kumpulan Contoh Soal Elastisitas dan Kunci Jawabannya, Belajar Fisika Jadi Makin Mudah

×

Kumpulan Contoh Soal Elastisitas dan Kunci Jawabannya, Belajar Fisika Jadi Makin Mudah

--

ASCOMAXX.com – Artikel berikut ini adalah informasi mengenai kumpulan soal elastisitas dan kunci jawabannya terbaru 2023 yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Fisika menjadi salah satu mata pelajaran yang ada di jenjang SMA. Mata pelajaran ini diajarkan pada kelas 10, 11, dan 12 jurusan IPA. Setiap semesternya, Fisika akan dibuat ujian untuk mengukur kemampuan siswa.


Baca juga: Contoh Teks MC Bahasa Jawa Sederhana, Menggunakan Bahasa Krama Halus

Baca juga: 7 Contoh Warna Masjid yang Bagus Buat Ibadah Makin Adem dan Khusyuk

Baca juga: Contoh Kegiatan Motorik Halus Tema Alam Semesta Untuk Siswa PAUD Belajar Mengenal Lingkungan Sekitarnya

Salah satu bab yang dipelajari di mata pelajaran tersebut adalah elastistas. Mata pelajaran tersebut tersebut mempelajari kemampuan suatu benda untuk kembali ke ukuran dan bentuk semula setelah gaya dari luar dihilangkan.

Bahan-bahan yang memiliki kemampuan seperti itu disebut sebagai bahan elastis. Contohnya, saat kamu menarik karet pasti karet akan melar mengikuti tarikanmu. Namun, jika tarikan itu kamu lepaskan, pasti si karet akan kembali ke ukuran dan bentuk semula.

Contoh Soal Elastisitas

Untuk contoh-contoh soalnya adalah sebagai berikut:

1. Sebutkan bunyi hukum Hooke dalam pelajaran fisika!

Jawaban:

Apabila pegas ditarik dengan suatu gaya yang tidak melebihi batas elastisitasnya, maka pegas akan berlaku sebagai gaya pemulih yang setara dengan simpangan benda di titik seimbangnya dengan arah yang berlawanan dengan arah gerak benda.

Sumber:

UPDATE TERBARU