Sunday 19th of May 2024

Download Soal PDF Gelombang Mekanik SMA MA Kelas 11 K13, Bisa Untuk Latihan Ujian!

×

Download Soal PDF Gelombang Mekanik SMA MA Kelas 11 K13, Bisa Untuk Latihan Ujian!

--

ASCOMAXX.com - Untuk kalian yang saat ini sedang mencari soal gelombang mekanik dalam pelajaran fisika kelas 11 SMA, berikut ini akan kami berikan kumpulan soal beserta jawaban gelombang mekanik yang bisa kalian download dan dipelajari. Soal berikut juga bisa sebagai latihan ujian.

Materi gelombang mekanik ini merupakan salah satu materi fisika yang mempelajari tentang gelombang yang dapat terjadi dalam medium materi seperti air, udara, atau benda padat. Gelombang mekanik dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu gelombang transversal dan juga gelombang longitudinal.


Gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus terhadap arah rambatannya, contohnya gelombang pada tali atau gelombang elektromagnetik. Sedangkan gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah getarannya sejajar dengan arah rambatannya, contohnya gelombang suara pada udara atau gelombang gempa bumi.

Baca juga: Download Unduh Buku Pendidikan Pancasila Kelas 1 SD MI, Lengkap Materi, Soal-soal dan Pembahasan

Baca juga: Kumpulan Soal UAS/PAS Kelas 2 Semester 2 Terbaru, Bisa Untuk Latihan Ujian

Baca juga: Kumpulan Soal PAS UAS Kelas 5 Semester 2 Terbaru, Pilihan Ganda Dilengkapi Kunci Jawaban!

Materi gelombang mekanik ini juga mempelajari tentang sifat-sifat gelombang seperti frekuensi, periode, amplitudo, kecepatan, dan panjang gelombang serta tentang interferensi, difraksi, dan polarisasi gelombang. Gelombang mekanik memiliki aplikasi dalam berbagai bidang seperti akustik, geofisika, fisika benda padat, dan teknik sipil.

Contoh Soal Fisika Gelombang Mekanik Kelas 11

1. Jarak antara dua titik yang berdekatan dengan fase sama yakni 8 cm. Periode gelombangnyang dihasilkan sebesar 2 sekon, sehingga cepat rambat gelombangnya adalah … .

Jawaban:
Jarak antara dua buah titik yang berdekatan dengan fase sama = λ

Sehingga:
T = 2 s
λ = 8 cm
v = λ/T
v = 8/2 = 4 cm/s

Sumber:

UPDATE TERBARU