Sunday 19th of May 2024

Hukum Kirchoff Adalah: Pengertian, Bunyi, Rumus, dan Penerapan dalam Kehidupan Sehari-Hari

×

Hukum Kirchoff Adalah: Pengertian, Bunyi, Rumus, dan Penerapan dalam Kehidupan Sehari-Hari

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai hukum Kirchoff yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Fisika menjadi salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada tingkat SMP hingga kuliah jurusan IPA. Mata pelajaran ini memperlajari banyak hal, salah satunya adalah tentang hukum Kirchoff.


Baca juga: Sosok Jonathan Latumahina Ayah David Korban Penganiayaan yang Ternyata adalah Mualaf Ahli IT GP Ansor

Baca juga: Spoiler The Villainess Is Shy In Receiving Affection Chapter 21 Bukan Penjahat, Ternyata Melody adalah Keturunan Bangsawan

Baca juga: Desil Untuk Daftar KIP Kuliah 2023 Adalah? Berikut Penjelasan dan Cara Daftarnya

Tentang Hukum Kirchoff

Dilansir dari berbagai sumber, hukum Kirchoff adalah hukum yang ditemukan oleh Gustav Robert Kirchhoff yang merupakan ahli fisika asal Jerman. Kirchhoff menjelaskan hukumnya tentang kelistrikan ke dalam dua bagian, yaitu Hukum I Kirchhoff dan Hukum II Kirchhoff.

Bunyi Hukum Kirchoff

Diketahui jika hukum Kirchoff dibagi menjadi dua yaitu hukum Kirchoff I dan hukum Kirchoff II. Masing-masing memiliki pedoman sendiri. Berikut penjelasannya:

Hukum Kirchoff I

Hukum Kirchoff I sendiri adalah sebuah hukum kekekalan muatan listrik yang menyatakan bahwa jumlah muatan listrik yang mengalir tidaklah berubah. Berikut ini bunyinya:

"Jumlah kuat arus listrik yang masuk ke suatu titik cabang akan sama dengan jumlah kuat arus listrik yang meninggalkan titik itu."

Sumber:

UPDATE TERBARU