Saturday 18th of May 2024

Kumpulan Event Budaya di Boyolali Tahun 2023, Acara Padusan Hingga Sedekah Merapi Akan Segera Digelar

×

Kumpulan Event Budaya di Boyolali Tahun 2023, Acara Padusan Hingga Sedekah Merapi Akan Segera Digelar

--

ASCOMAXX.com - Event atau acara budaya tahunan di Boyolali selalu dilaksanakan disetiap tahunnya. Hal ini tentunya untuk menghargai leluhur dan budaya nenek moyang. Berikut daftar event budaya tahunan di Boyolali tahun 2023.

Boyolali merupakan sebuah wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Ibu kotanya sendiri ada di Kecamatan Boyolali. Kabupaten ini terletak sekitar 25 km sebelah barat Kota Surakarta.


Tahun 2023 menjadi kabar yang menggembirakan terkait event atau acara yang akan digelar di Kabupaten Boyolali. Berikut ini akan kami hadirkan serangkaian acara yang akan diselenggarakan di tahun 2023. Jangan lupa untuk mencatat tanggalnya berikut ini.

Baca juga: Event Budaya Klaten Sepanjang Agustus 2023, Festival Kreasi Tradisi Unik dan Populer

Baca juga: Jadwal Event Kota Purbalingga 2023 Lengkap, Ada Festival yang Akan Diselenggarakan Buat 22.000 Penikmat Kopi

Baca juga: Jadwal Event Budaya Klaten Juni 2023, Peringatan Tahunan di Candi Sewu

Event Budaya Tahunan Boyolali 2023

1. Padusan

Padusa merupakan acara tahunan yang digelar oleh masyarakat Boyolali. Acara ini sudah menjadi tradisi rutin jelang Ramadan. Tradisi ini bermakna pembersihan diri secara lahir dan batin. Padusan biasanya dilakukan dengan berendam atau mandi di sumber mata air. Padusan berasal dari bahasa Jawa 'adus' yang berarti "mandi". Acara ini akan digelar 20-21 Maret 2023 di Umbul Tlatar, Umbul Pengging, Kabupaten Boyolali.

2. Sedekah Gunung Merapi

Acara budaya sedekah Gunung Merapi ini digelar dalam rangka menyambut malam 1 Suro. Prosesi diawali dengan kirab kepala kerbau dari Dusun Temusari menuju Jogjlo Mandala I. Selanjutnya akan diadakan acara ritual dan doa hingga tengah malam, kepala kerbau dan sejumlah sesaji tersebut dibawa menuju puncak Gunung Merapi untuk dilarung. Acara ini akan digelar di Desa Lencoh, Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali pada 18 Juli 2023.

Sumber:

UPDATE TERBARU