Sunday 19th of May 2024

Tradisi Tungguk Tembakau Akan Digelar Agustus 2023 di Boyolali, Prosesi Penyambutan Panen Tembakau

×

Tradisi Tungguk Tembakau Akan Digelar Agustus 2023 di Boyolali, Prosesi Penyambutan Panen Tembakau

--

ASCOMAXX.com - Event daerah yang terselanggara selalu dinantikan oleh banyak masyarakat. Termasuk event tahunan di Kabupaten Boyolali, yaitu Tradisi Tungguk Tembakau. Kapan pelaksanaan acara tersebut? simak ulasan berikut ini.

Boyolali merupakan sebuah wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Ibu kotanya sendiri ada di Kecamatan Boyolali. Kabupaten ini terletak sekitar 25 km sebelah barat Kota Surakarta.


Tahun 2023 menjadi kabar yang menggembirakan terkait event atau acara yang akan digelar di Kabupaten Boyolali. Berikut ini akan kami hadirkan serangkaian acara Tradisi Tungguk Tembakau yang akan diselenggarakan di Bulan Agustus 2023 mendatang. 

Baca juga: Jadwal Event Borobudur Marathon 2023, Tebarkan Semangat Bersama Warga Magelang

Baca juga: 10+ Event Jawa Tengah Februari 2023, Suguhkan Penampilan yang Kaya Kebudayaan Daerah

Baca juga: Event festival di Pemalang 2023, Ada Event Meronce Melati Hingga Acara Untuk Penikmat Kopi!

Tradisi Tungguk Tembakau

Acara ini digelar untuk menyambut dimulainya masa panen tanaman tembakau. Prosesi diawali dengan melakukan kirab budaya yang membawa hasil bumi dan gunungan tembakau diiiringi sejumlah kesenian tradisional, mengelilingi sepanjang jalan desa.

Tradisi Tungguk Tembakau akan dilaksanakan oleh masyarakat Desa Senden, Kecamatan Selo. Dengan memakai pakaian tradisional, masyarakat lereng Gunung Merbabu ini akan mengikuti dan menyaksikan ritual petik daun tembakau, sebagai tanda syukur atas hasil panen tembakau tahun ini.

Sumber:

UPDATE TERBARU