Monday 27th of May 2024

Event Kebumen 2023, Jangan Lewatkan Tradisi Pacuan Kuda yang Sudah Eksis Sejak Tahun 1956!

×

Event Kebumen 2023, Jangan Lewatkan Tradisi Pacuan Kuda yang Sudah Eksis Sejak Tahun 1956!

--

Event Festival di Kebumen Tahun 2023

Informasi resmi mengenai adanya event festival di Batang disadur dari ‘Jawa Tengah Calendar of Events 2023’ yang disusun Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Jawa Tengah dan dapat diketahui sebagai berikut.

Pacuan Kuda Ambal


Tradisi pacuan kuda masyarakat pesisir Kebumen yang diselenggarakan rutin setiap libur Lebaran. Tradisi ini sudah berlangsung sudah lama dan tidak pernah sepi penonton baik dari dalam dan luar Kebumen. Lomba ini diselenggarakan oleh Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Cabang Kabupaten Kebumen.

Pacuan Kuda Ambal bakal berlangsung di Lapangan Tegalrejo, Desa Ambalresmi Kabupaten Kebumen, Senin, 25 April 2023.

Diketahui, tradisi pacuan kuda di Ambalresmi ini sudah berlangsung sejak  tahun 1956. Ada 137 kuda yang dilombakan. Peserta bukan hanya dari Kebumen, tapi banyak yang berasal dari luar daerah. Seperti Purworejo, Jogja, Cilacap, serta dari sejumlah Provinsi lain seperti Jawa Barat, Jawa Timur hingga Bali.

Adapun kelas yang dilombakan diantaranya ada Kelas A Sprint, Kelas Terbuka 2000, Kelas B, Kelas C Panjang dan Kelas C Sprint. Selain itu juga Kelas D Utama, Kelas D Madya, Kelas E, Kelas F, Kelas G, Kelas H, Kelas I dan Kelas J. Kemudian, Kelas Lokal A dan B, Kelas Lokal Tradisional A dan B, Kelas Calon Derbi (kuda muda), Kelas Pemula Perdana Kecil dan Besar.

Baca juga: Sinopsis Drama Korea Decoy (2023), Kasus Penipuan Terbesar Berusia 17 Tahun Muncul Kembali!

Baca juga: Link Nonton Drama Decoy (2023) Full Episode 1-6 Sub Indo, Perilisan Lengkap Musim Satu di Bulan Februari!

Baca juga: Baca Komik Moon-Shadow Sword Emperor Chapter 21 Bahasa Indonesia, Hao Society Vs Sekte Demonic

Nah, itu dia pembahasan sekilas yang bisa kami paparkan terkait adanya event di Kebumen pada tahun 2023 ini. Semoga bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU