Saturday 18th of May 2024

Festival Budaya Jawa Tengah 2023, Dari International Mask Festival 2023 Hingga Nyadran Gunung Silurah

×

Festival Budaya Jawa Tengah 2023, Dari International Mask Festival 2023 Hingga Nyadran Gunung Silurah

--

Festival Budaya Solo 2023

International Mask Festival dikenal sebagai  pagelaran seni tari yang dipadukan dengan kesenian Topeng dengan melibatkan seniman baik nasional maupun internasional. Menginjak tahun 2023 ini, ada informasi resmi jika acara  International Mask Festival bakal digelar 17-18 November 2023 di Ndalem Joyokusuman, Kota Surakarta.

Selain di Solo dengan adanya event IMF, kamu juga bisa hadir di 11 event budaya yang bakal digelar di Jawa Tengah pada November sebagai berikut.


Ki Ageng Sela Kamulyan

Event budaya di Jawa Tengah dibuka dengan prosesi kirab Ki Ageng Sela Kamulyan diberangkatkan dari halaman pendopo Kecamatan Watukumpul menuju Makam Mbah Hadiyana Natas Angin, lalu ziarah ke makam leluhur lainnya, yaitu Mbah Tepus dan Mbah Among Rogojati. Acara Kirab Ki Ageng Sela Kamulyan bakal berlangsung di Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang.

Festival Mangga Istana

Festival Mangga Istana mengangkat potensi produk buah Mangga dan olahan mangga. Selain itu, terdapat prosesi arak-arakan gunungan mangga dan kirab putri dan jaka mangga. Narahubung: Riki (0821 3510 1530). Acara ini dilaksanakan  bakal berlangsung di Desa Penggarit, Kecamatan Taman,  Kabupaten Pemalang pada November 2023.

Festival Dayung Pemalang 

Festival Dayung Pemalang adalah gelaran lomba dayung tingkat provinsi serta lomba perahu karet dan gethek. Acara Festival Dayung Pemalang  bakal berlangsung di Desa Penggarit, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang pada November 2023.

Pagelaran Wayang Kulit

Pagelaran Wayang Kulit dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Wayang Nasional yang jatuh di setiap tanggal 7 November sekaligus mengenang sang maestro dalang, Ki Manteb Sudarsono. Event ini menjadi rangkaian Hari Jadi ke-106 Kabupaten Karanganyar. Acara Pagelaran Wayang Kulit bakal berlangsung di  Alun-alun Kabupaten Karanganyar pada 7 November 2023.

Nyadran Gunung Silurah

Nyadran Gunung Silurah menjadi tradisi turun temurun sebagai wujud syukur kepada Sang Pencipta. Tradisi ini dilakukan minggu pertama Jumadil Awal (kalender Jawa). Kegiatannya meliputi Gendu-gendu roso, pertunjukan Tari Ronggeng, hingga ider-ider desa. Acara Nyadran Gunung Silurah bakal berlangsung  di Desa Silurah, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang pada 15 November 2023.

Festival Desa Wisata
Festival Desa Wisata menampilkan desa wisata se- Kabupaten Blora sekaligus menjadi ajang promosi dan mengenalkan potensi masing-masing. Event ini menjadi tempat belajar memajukan desa wisata dengan berbasis pada kearifan lokal. Acara Festival Desa Wisata bakal berlangsung  di Kabupaten Blora pada 16-18 November 2023.

Baca juga: Simak Cara Menambahkan Sidik Jari di HP Oppo A54 Terupdate, Cobain Trik Ini Pasti Berhasil

Baca juga: 3 Cara Membuka Kunci HP Poco F4 yang Pasti Berhasil, Tak Sampai 5 Menit

Baca juga: Jadwal KRL Rute Solo - Jogja Terbaru 2023 Berikut Informasi Harga Tiket dan Cara Membayarnya

Batang Ekraf Festival
Batang Ekraf Festival diadakan satu tahun sekali dan diikuti oleh pelaku ekraf, komunitas, dan pelaku seni. Acara ini digelar sebagai wadah serta memberi ruang ekspresi bagi para pelaku industri kreatif dengan rangkaian kegiatan meliputi pameran Ekraf, gathering komunitas, pertunjukan dan workshop.
Acara Batang Ekraf Festival berlangsung di Kabupaten Batang pada 17-18 November 2023.

International Mask Festival (IMF)

International Mask Festival adalah pagelaran seni tari yang dipadukan dengan kesenian Topeng dengan melibatkan seniman baik nasional maupun internasional. Acara  International Mask Festival  bakal digelar 17-18 November 2023 di Ndalem Joyokusuman, Kota Surakarta.

Roban Fashion Week

Roban Fashion Week bertujuan untuk mengangkat dan mengenalkan potensi ekonomi kreatif bidang fesyen yang ada di Kabupaten Batang. Kategori event ini pun beragam meliputi Fashion Design, Fashion Kids dan Fashion Show.  Acara Roban Fashion Week akan berlangsung pada 19 November 2023 di Pendopo Kabupaten Batang.

Grebeg Lawu

Grebeg Lawu menampilkan pentas seni pertunjukan, seperti seni tarim wayang kulit, reog, karawitan, dan ketoprak. Event ini merupakan rangkaian Hari Jadi ke-106 Kabupaten Karanganyar. Acara Grebeg Lawu akan berlangsung pada 20-25 November 2023 di Kabupaten Karanganyar. 

Borobudur Marathon

Borobudur Marathon adalah ajang olahraga lari bergengsi yang diikuti oleh para atlet dan pelari umum dari berbagai daerah di Indonesia. Untuk informasi selengkapnya dapat diakses melalui Instagram @borobudur.marathon. Acara Borobudur Marathon bakal berlangsung di Kompleks Candi Borobudur, Kabupaten Magelang pada November 2023.

Nah, itu dia pembahasan sekilas yang bisa kami sampaikan mengenai perayaan festival budaya di Jawa Tengah tahun 2023. Apakah kamu juga sudah menunggu event satu ini?

 

Sumber:

UPDATE TERBARU