Thursday 16th of May 2024

Wiwit Mbako Kabupaten Temanggung Akan Digelar Agustus 2023 Mendatang, Berikut Serangkaian Acaranya

×

Wiwit Mbako Kabupaten Temanggung Akan Digelar Agustus 2023 Mendatang, Berikut Serangkaian Acaranya

--

ASCOMAXX.com -  Acara tahunan yang di selalu diadakan setiap tahunnya di Kabupaten Temanggung adalah Wiwit Mbako. Tahun ini, Wiwit Mbako direncanakan akan digelar pada Bulan Agustus mendatang sebagai tanda dimulainya panen mbako di Kabupaten Temanggung.

Kabupaten Temanggung adalah salah satu daerah yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Temanggung ini mendapat julukan sebagai Kota Tembakau, karena menjadi pusat pengembangan, pengolahan, dan pemasaran tembakau di wilayah eks Keresidenan Kedu.


Tahun 2023 menjadi kabar yang menggembirakan terkait event atau acara yang akan digelar di Temanggung. Salah satunya adalah Wiwit Mbako. Mengingat Kabupaten Temanggung merupakan daerah penghasil dan pengolahan tembakau yang termasuk paling besar. 

Baca juga: Daftar Event Festival di Semarang Bulan Mei 2023, Ada Night Carnival Hingga Pameran Seni

Baca juga: Jadwal Perayaan Event di Semarang Bulan Mei 2023, Siap Sambut Wisatawan Dengan Pesta Rakyat Besar Besaran

Baca juga: Daftar Event Wonosobo Agustus 2023, Acara Tahunan Paling Dinanti Penggemar Balon Udara

Jadwal Pelaksanaan Wiwit Mbako 2023

Acara Wiwit Mbako ini, yaitu para petani di lereng Gunung Prau (Desa Tempelsari) dan Gunung Sindoro (Desa Pagergunung) memulai masa panen raya tembakau dengan ritual wiwit mbako atau petik pertama daun tembakau. Lantunan doa juga akan dipanjatkan dengan penuh khidmat, kemudian kembul bujana atau makan bersama di area ladang.

Acara ini akan digelar di Desa Tempelsari & Desa Pagergunung, Kabupaten Temanggung pada Agustus 2023. Sebagai komoditas unggulan, setiap akan dilaksanakan panen tembakau para petani akan melakukan doa terebih dahulu. 

Baca juga: Event Budaya Wonosobo Juli 2023, Gelar Perayaan yang Penuh Kesenian dan Tradisi Khas Daerah

Baca juga: Jadwal Event Cilacap 2023, Ada Tradisi Bobok Bumbung di Bulan Februari Hingga Megengang Sebelum Puasa Ramadan!

Baca juga: Kumpulan Event Budaya di Boyolali Tahun 2023, Acara Padusan Hingga Sedekah Merapi Akan Segera Digelar

Demikianlah informasi terkait Wiwit Mbako 2023 yang akan berlangsung di bulan Agustus 2023 mendatang. Kalian bisa bersiap-siap mulai sekarang untuk mengikuti acara tersebut, karena pastinya akan lebih seru, meriah dan menarik. Sekian informasi dari kami semoga bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU