Thursday 16th of May 2024

Festival Budaya Boyong Grobog 2023 Kapan Dilaksanakan? Tradisi Peringatan Perpindah Ibukota Purwodadi

×

Festival Budaya Boyong Grobog 2023 Kapan Dilaksanakan? Tradisi Peringatan Perpindah Ibukota Purwodadi

--

ASCOMAXX.com – Informasi terkini akan kami paparkan untukmu yang ingin mengetahui festival budaya Boyong Grobog 2023 kapan dilaksanakan? Acara budaya yang ditunggu-tunggu di wilayah Jawa Tengah ini memang menarik antusias warga.

Agar kamu bisa mengikuti informasi selengkapnya, langsung saja ikuti pembahasan berikut dan simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!


Baca juga: Daftar Event Tahunan Purworejo yang Akan Digelar Sepanjang Tahun 2023, Festival W.R. Soepratman Akan Hadir Bulan Maret Mendatang

Baca juga: Jadwal Event Brebes Tahun 2023 Ada Festival Arak 50 Tumpeng Dari 50 RT Sampai ke Telaga Ranjeng

Baca juga: Dieng Culture Festival (DCF), Event Budaya Banjarnegara Agustus 2023 yang Populer di Jawa Tengah

Jawa Tengah menjadi salah satu provinsi di Pulau Jawa yang memiliki banyak event menarik. Sudah banyak yang tau jika Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi dengan banyak destinasi wisata menarik.

Tiap tahunnya, provinsi tersebut sering mengadakan berbagai event di beberapa kota seperti salah satunya festival Boyong Grobog.

Jadwal Festival Boyong Grobog Tahun 2023

Acara ini akan berlangsung di Pendopo Kabupaten Grobogan. Tradisi Boyong Grobog merupakan prosesi perpindahan ibukota Kabupaten Grobogan dari Kelurahan Grobogan ke Purwodadi.

Tradisi ini ditandai dengan arak-arakan pusaka yang ditempatkan dalam grobog (peti untuk penyimpanan barang) dan gunungan hasil bumi dengan iring - iringan rombongan Bupati Grobogan dikawal oleh prajurit keraton.

Diketahui bahwa Kabupaten Grobogan akan memperingati hari jadinya yang ke 297 pada hari Sabtu, 4 Maret 2023 dan pada hari itu juga dilaksanakan upacara bertempat di alun-alun Purwodadi. Rangkaian adat Boyong Grobog ini seluruhnya menggunakan Bahasa Jawa, yang merupakan tradisi turun temurun yang terus diterapkan Pemerintah Kabupaten Grobogan.

Baca juga: Sinopsis Series Mantan Tapi Menikah, Bos Baru Kantor Ana Adalah Mantan yang Masih Dicintainya!

Baca juga: Sinopsis Drama Anata ni Kikasetai Uta ga Arunda (2022), Kisah Flashback Masa Depan Suram!

Baca juga: Nonton Mantan Tapi Menikah Full Episode, Adaptasi Novel Wattpad Jadi Series Viu Original!

Nah, itu dia informasi sekilas yang bisa kami sajikan mengenai pembahasan tentang jadwal festival Boyong Grobog 2023.  Semoga bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU