Sunday 5th of May 2024

8+ Rekomendasi Wisata Candi di Jawa Timur, Situs Bersejarah yang Bisa Dikunjungi

×

8+ Rekomendasi Wisata Candi di Jawa Timur, Situs Bersejarah yang Bisa Dikunjungi

--

ASCOMAXX.com - Candi merupakan wisata bersejarah yang bisa dikunjungi. Apalagi biasanya untuk anak-anak yang masih sekolah, mengunjungi candi merupakan kegiatan yang wajib dilakukan saat program wisata atau study tour. Hal ini tak lain untuk memberikan pembelajaran nilai sejarah secara langsung kepada murid.

Candi merupakan bangunan tempat ibadah dari peninggalan masa lampau yang berasal dari agama Hindu-Budha. Candi tidak hanya digunakan oleh masyarakat untuk menyebut tempat ibadah saja, tetapi juga sebagai istana, pemandian, gapura, dan sebagainya menurut Daniel Agus Maryanto, 2007: 8.


Jawa Timur sendiri sebagai salah satu pusat pemerintahan pada masa kerajaan, punya banyak situs bersejarah yang bisa dikunjungi, termasuk candi. Bangunannya yang begitu cantik dan estetik menarik minat banyak wisatawan, baik dari lokal maupun mancanegara.

Baca juga: Jadwal Festival Kopi Pemalang 2023, Bisa Menikmati Berbagai Jenis Kopi Hingga Belajar Pengolahannya

Baca juga: Hari Jadi Kabupaten Tegal Ke-422 Bulan Mei 2023, Berikut Serangkaian Acara yang Bisa Diikuti

Baca juga: Daftar Event Kabupaten Tegal Bulan Mei 2023, Tersedia Banyak Acara Menuju Hari Jadi Kabupaten Tegal

Rekomendasi Wisata Candi di Jawa Timur

1. Candi Penataran

Candi Penataran dipercaya sebagai candi yang terluas di Jawa Timur dan sudah ada sejak Kerajaan Kediri pada tahun 1200 Masehi. Pada reliefnya terdapat kekhasan tersendiri, yakni wujud manusia digambarkan dengan wayang kulit.

Lokasi: Desa Penataran, Nglegok, Kabupaten Blitar
Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB
HTM: Rp3.000

2. Candi Brahu

Candi Brahu masih tergabung dengan Kawasan Situs Arkeologi Trowulan, bekas ibu kota Majapahit. Candi ini dipercaya didirikan pada abad ke-15 Masehi. Terdapat candi-candi lain yang sudah runtuh di sekitarnya, seperti Candi Muteran, Candi Gedung, Candi Tengah dan Candi Gentong. Dulunya, Candi Brahu dipercaya digunakan sebagai tempat pembakaran jenazah para raja.

Lokasi: Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.
Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB
HTM: gratis

Sumber:

UPDATE TERBARU