Friday 17th of May 2024

Kumpulan Contoh Buku Tamu Sekolah Segala Jenjang (SD, SMP, SMA), Sering Dipakai dan Praktis!

×

Kumpulan Contoh Buku Tamu Sekolah Segala Jenjang (SD, SMP, SMA), Sering Dipakai dan Praktis!

--

ASCOMAXX.com – Buku tamu merupakan salah satu buku pelengkap dalam suatu administrasi. Buku Tamu memiliki tujuan selain sebagai layanan gugus depan kepada para tamu juga sebagai bukti otentik identitas serta mengetahui siapa sajakah yang pernah berkunjung di gugus depannya.

Semua sekolah pasti memiliki buku tamu untuk menerima pihak yang datang dari luar. Maka dari itu, pengadaan buku tamu sangat diperlukan untuk mencatat dan membuat arsip tamu supaya tertulis secara rapi.


Buku tamu bisa dibeli di toko alat tulis atau tempat sejenisnya. Namun untuk saat ini, semua orang yang memiliki laptop atau komputer sudah bisa membuatnya sendiri. Disini kami akan membagikan Kumpulan Contoh Buku Tamu Sekolah Segala Jenjang (SD, SMP, SMA) di bawah ini.

Baca juga: Daftar Materi Pelajaran Bahasa Inggris Kelas 9 SMP/MTS Kurikulum 13, Lengkap dengan Penjelasannya!

Baca juga: Link Download Kumpulan Contoh Soal Aksara Jawa Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka dan Pembahasannya

Baca juga: Perbedaan Tanah Vermikulit VS Tanah Biasa, Manakah yang Terbaik Buat Kesuburan Tanaman?

Buku tamu merupakan salah satu buku pelengkap dalam suatu administrasi Gudep. Buku Tamu memiliki tujuan selain sebagai layanan gudep kepada para tamu/ undangan juga bukti otentik identitas serta mengetahui siapa sajakah yang pernah berkunjung di gugus depannya. Fungsi Buku tamu antara lain :

1. Mengetahui data jumlah banyaknya tamu yang berkunjung.
2. Mengenal data tamu lebih dekat ( Nama. Alamat dll )
3. Mengetahui tujuan dan pesan yang diberikan sebagai masukan Gugus Depan.
4. Tolok ukur perkembangan suatu Gugus Depan.
5. Bentuk kedekatan antara tamu/ undangan dengan tuan rumah
Berikut adalah format buku tamu. 

Sebelum teknologi modern, smeua dilakukan dengan manual, termasuk reservasi dan booking yang dilakukan dengan telepon dan penginputan data yang manual oleh karyawan. Begitu juga dengan pengelolaan pengunjung.

Pada masanya, pengelolaan pengunjung dilakukan dengan penggunaan buku tamu, misalnya di Buku Tamu Sekolah Segala Jenjang (SD, SMP, SMA). Buku tamu manual tersebut diisi dengan cara pengjunjung secara mandiri menuliskan data dirinya secara manual pada sebuah buku khusus yang sudah didiapkan sebelumnya oleh panitia.

Sumber:

UPDATE TERBARU