Sunday 19th of May 2024

Daftar 6 Kecamatan yang Masuk Pemekaran Kabupaten Renah Indojati di Pesisir Selatan, Cek Apa Wilayahmu Termasuk

×

Daftar 6 Kecamatan yang Masuk Pemekaran Kabupaten Renah Indojati di Pesisir Selatan, Cek Apa Wilayahmu Termasuk

--

ASCOMAXX.com – Pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan informasi yang membahas mengenai Daftar 6 Kecamatan yang Masuk Pemekaran Kabupaten Renah Indojati yang wajib kamu tahu. Cek di sini!

Pembentukan sebuah kabupaten baru di Provinsi Sumatera Barat, tepatnya di Kabupaten Pesisir Selatan. Kabupaten baru ini akan diberi nama Kabupaten Renah Indojati yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Pesisir Selatan yang memiliki luas wilayah mencapai 5.749 kilometer persegi. 


Keputusan ini didasari atas luas wilayahnya yang empat kali lebih besar dari Kabupaten Padang Pariaman dan sedikit lebih luas dari Provinsi Bali yang memiliki 8 kabupaten dan 1 kota dengan luas 5.6 ribu kilometer persegi. Kabupaten Pesisir Selatan, yang terdiri dari 15 kecamatan dan 182 nagari atau desa, memiliki jumlah penduduk sekitar 516 ribu jiwa menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022. 

Baca juga: Berbagai Lagu Daerah Empat Lawang Sumatera Selatan, Disertai dengan Liriknya

Baca juga: Daftar Wilayah yang Akan Alami Pemekaran di Provinsi Sumatera Utara, Bergerak ke Arah Kemajuan Berkelanjutan

Baca juga: Usulan Pemekaran Wilayah di Provinsi Sumatera Utara, Diharapkan dapat Gali Potensi Tambang!

Kini terdapat enam kecamatan yang siap bergabung di Kabupaten Renah Indojati, dengan total jumlah penduduk mencapai 116 ribu jiwa lebih. 

Rencana Pemekaran Kabupaten Renah Indojati di Pesisir Selatan

Dalam hal ini pemuda Kabupaten Pesisir Selatan, H Arif Yumardi, mendukung penuh pembentukan Kabupaten Renah Indojati ini. 

Baginya pembentukan daerah otonomi baru, akan terjadi peningkatan kemakmuran rakyat karena administrasi pemerintahan dan pembangunan akan berjalan lebih efisien. Arif Yumardi berharap agar proses pemekaran ini berjalan lancar tanpa adanya polemik di tengah masyarakat.

Sumber:

UPDATE TERBARU