Sunday 19th of May 2024

Lirik Tembang Wali Songo Macapat Buat Menyiarkan Ajaran Islam ke Masyarakat Jawa

×

Lirik Tembang Wali Songo Macapat Buat Menyiarkan Ajaran Islam ke Masyarakat Jawa

--

Lirik Tembang Wali Songo Macapat

Tembang ini adalah jenis tembang yang unik, yang memiliki ragam bagian dan tahapan di dalamnya. Syair-syair yang terkandung di dalamnya banyak menyiratkan nilai-nilai yang terkandung dalam alquran.

Ada sebelas jenis tembang macapat, dan tiap-tiap jenis tembang di dalamnya menggambarkan tahapan kehidupan manusia mulai dari lahir, masa kanak-kanak, saat dewasa, hingga meninggal dunia.


Maskumambang, mijil, sinom, kinanti, asmarandana, gambuh, dhandhanggula, durma, pangkur, megatruh, pucung adalah nama-nama dari tiap jenis tahapan tembang macapat. Kesebelas tembang tersebut dirangkai dengan menggunakan petuah-petuah dengan baik dengan harapan orang yang mendengarnya menjadi pribadi yang baik dan bijaksana.

Dalam hal ini saya akan mencontohkan satu jenis tembang macapat itu, yakni tahapan pertamanya “maskumambang”.

Maskumambang berasal dari dua kata yakni “mas” dan “kumambang”, yang kalau diartikan dalam bahasa Indonesia memiliki arti emas terapung. Tembang jenis ini berisi nasehat kepada seorang anak agar selalu berbakti kepada orang tua.

Kelek-kelek biyung sira aneng ngendi?

Enggal tulungana. Awakku kecemplung warih

Gelagepan wus meh pejah

Gubahan jenis “maskumambang” tersebut kalau diartikan dalam bahasa Indonesia menjadi:

Kelek-kelek, ibu kamu ada di mana?

Cepat tolonglah, aku jatuh ke air

Kesulitan dan hampir mati

Makna dari tembang tersebut ialah mengisahkan seorang anak yang sangat membutuhkan pertolongan orang tua karena terhanyut aliran air sungai dan hampir mati, juga bisa diartikan dengan terseret pergaulan yang tidak baik.

Jenis lagu yang seperti inilah di antaranya yang digunakan oleh walisongo sebagai cara untuk menyampaikan nasehat dengan apik. Tanpa melalui kekerasan baik verbal dan fisik, mereka lebih mengutamakan dakwah santun dengan mengandalkan wajd (ekstase) dan dzauq (rasa) yang ditimbulkan lagu yang langsung masuk ke dalam jiwa pendengarnya.

Baca juga: Chord Lagu Badut - Raavfy dan Liriknya, Belajar Gitar Lagu Viral Jadi Makin Gampang

Baca juga: Siapa Ariana Naqma yang Videonya Viral di Twitter Karena Kasus di Bioskop

Baca juga: Makna Lagu Minang Kutang Barendo yang Dinyanyikan Ratu Kumbang, Ternyata Berisi Pesan Buat Gen Z!

UNDUH DI SINI! 

Jenis Tembang Macapat

Dalam tembang macapat, ajaran agama dan nilai moral dari leluhur dapat diterima dengan mudah. Hal itu karena macapat disampaikan dalam bentuk rangkaian kata yang disusun dengan indah.

Tembang macapat ada sebelas jenis, yaitu maskumambang, mijil, sinom, kinanti, asmarandana, gambuh, dandanggula, durma, pangkur, megatruh, dan pucung.

Nah, jadi itulah informasi mengenai lirik tembang wali songo macapat buat menyiarkan ajaran Islam ke masyarakat jawa yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bemanfaat ya! Sekian update asomaxx.com kali ini! 

Sumber:

UPDATE TERBARU