Tuesday 7th of May 2024

Lirik Tembang Wali Songo Macapat Buat Menyiarkan Ajaran Islam ke Masyarakat Jawa

×

Lirik Tembang Wali Songo Macapat Buat Menyiarkan Ajaran Islam ke Masyarakat Jawa

--

ASCOMAXX.com – Langsung saja melalui kesempatan kali ini kami akan menyampaikan ifnormasi update terkait dengan lirik tembang wali songo macapat buat menyiarkan ajaran Islam ke masyarakat jawa. Begini selengkapnya! 

Wali songo secara sederhana artinya sembilan orang yang telah mencapai tingkat wali, suatu derajat tingkat tinggi yang mampu mengawal babahan hawa sanga (mengawal sembilan lubang dalam diri manusia), sehingga memiliki peringkat wali.


Dalam berdakwah, para wali songo menggunakan cara yang cerdas, misalnya dengan memasukkan agama pada unsur kesenian seperti lagu. Dalam hal ini macapat jadi salah satu perantara. Macapat sendiri adalah satu di antara warisan budaya Jawa yang sangat terkenal. Macapat merupakan puisi tradisional dalam bahasa Jawa yang disusun dengan menggunakan aturan tertentu.

Baca juga: Lirik Lagu Daerah Minang Kutang Barendo - Ratu Kumbang, Lagu Kritikan Buat Muda Mudi Jaman Sekarang

Baca juga: Lirik Lagu Biarku Merindu - Rendy Pandugo, Lagu yang Bikin Gagal Moveon Dari Mantan!

Baca juga: Lirik Lagu BADUT - Raavfy yang Viral TikTok dan Instagram, Penghibur Sang Kekasih yang Dicinta

Dakwah damai dipraktikan oleh wali songo, sebutan untuk para penyebar ajaran agama Islam di tanah Jawa. Alih-alih menyebarkan Islam dengan jalan kekerasan, wali songo memilih jalan damai dengan melakukan pendekatan psikologis masyarakat guna memancing minat mereka. Caranya pun tidak memaksa, namun lebih kepada memasukkan nilai nilai Islam kepada tradisi dan budaya masyarakat setempat.

Salah satu cara dakwah damai yang dilakukan wali songo itu terlihat juga dalam budaya tembang di dalam masyarakat Jawa. Banyak jenis-jenis musik Jawa yang isinya berupa dakwah peninggalan budaya bangsa Indonesia zaman dulu. Orang jawa menamakannya dengan nama “tembang jawa”.

Di antara tembang Jawa itu ada salah satu jenis tembang yang dinamakan dengan tembang macapat/tembang cilik, sebuah jenis tembang (lagu) yang berisi petuah atau wejangan (nasihat) yang disampaikan dengan cara bijak. 

Sumber:

UPDATE TERBARU