Thursday 16th of May 2024

Jenis-jenis Tepung Terigu Beserta Kegunaanya, Berbeda Fungsi Jangan Sampai Salah Pakai!

×

Jenis-jenis Tepung Terigu Beserta Kegunaanya, Berbeda Fungsi Jangan Sampai Salah Pakai!

--

ASCOMAXX.com - Tepung terigu memiliki banyak jenis, ada yang digunakan untuk kue ada juga yang digunakan untuk gorengan. Nah, pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi terkait dengan jenis-jenis tepung terigu beserta dengan kegunaanya.

Tepung terigu adalah salah satu bahan dasar dalam berbagai jenis adonan yang terus digunakan secara luas hingga saat ini. Jenis tepung terigu bervariasi, dan masing-masing cocok untuk berbagai keperluan, mulai dari pembuatan kue hingga adonan untuk gorengan.


Tepung terigu memiliki komposisi protein yang berbeda-beda, yang memengaruhi tekstur dan kelembutan hasil akhir. Beberapa jenis tepung terigu memiliki kandungan protein yang lebih rendah dan biasanya digunakan dalam pembuatan kue, memberikan hasil yang lebih lembut.

Baca juga: Gagal Mendapat Resep! Lanjutkan Baca Webtoon Secret Recipe Chapter 3 Bahasa Indonesia Joo In Gong Ketakutan

Baca juga: 1 Kg Beras Jadi Berapa Arem-Arem? Berikut Perhitungan Takaran dan Resep Masak Mudahnya

Baca juga: Ide Resep dan Cara Buat Rawon Daging Ala Rumahan Untuk 100 Orang, Dijamin Lezat dan Penuh Rempah

Di sisi lain, tepung terigu dengan kandungan protein yang lebih tinggi digunakan untuk membuat adonan yang perlu mengembang, seperti roti. Tepung terigu tetap menjadi elemen pokok dalam dapur dan industri makanan, memungkinkan kita untuk menciptakan berbagai hidangan lezat dan beragam.

Jenis-jenis Tepung Terigu

1. Tepung Protein Rendah

Tepung protein rendah memiliki kandungan protein sekitar 5% hingga 9%. Dalam arti lain, tepung ini memiliki kadar gluten paling rendah jika dibandingkan dengan jenis tepung lainnya. Biasanya digunakan untuk membuat adonan yang tidak memerlukan tekstur elastis dan kenyal.

Oleh karena itu, tepung protein rendah sangat cocok untuk berbagai jenis makanan, termasuk kue kering, biskuit, gorengan, muffin, dan beberapa jenis kue. Beberapa merek tepung protein rendah yang tersedia di pasaran adalah seperti Kunci Biru, Pita Merah, Lencana Merah, Kunci Mas, dan lainnya.

2. Tepung Protein Sedang

Tepung protein sedang memiliki kandungan protein sekitar 9,5% hingga 11%. Tepung ini sering disebut sebagai tepung serbaguna karena bisa digunakan untuk berbagai jenis adonan. Cocok untuk adonan dengan tekstur lembut dan mengembang, seperti kue basah, martabak, pancake, gorengan, dan bolu kukus, untuk beberapa contoh.

Karena kelenturannya, tepung protein sedang bisa digunakan sebagai pengganti tepung protein rendah dalam pembuatan kue kering. Beberapa merek tepung protein sedang yang tersedia di pasaran adalah seperti Segitiga Biru, Mila, Gatotkaca, Kompas, dan lainnya.

Sumber:

UPDATE TERBARU