Thursday 16th of May 2024

Pengertian Tanah Vermikulit vs Tanah Biasa Serta Kelebihan dan Kekurangannya, Serupa Tapi Tak Sama!

×

Pengertian Tanah Vermikulit vs Tanah Biasa Serta Kelebihan dan Kekurangannya, Serupa Tapi Tak Sama!

--

ASCOMAXX.com – Tanah adalah media tanam yang paling umum dan tradisional. Dalam kebanyakan kasus, tanah memiliki sifat yang baik untuk pertumbuhan tanaman. Ini adalah sumber unsur hara alami, menyediakan tempat untuk akar tanaman berkembang, dan memiliki kemampuan menahan air dengan baik. Namun, ada situasi di mana tanah biasa mungkin bukan pilihan terbaik.

Tanah berperan penting dalam menunjang proses produksi pertanian. Jenis tanah di satu daerah berbeda dengan daerah lainnya tergantung dari komponen yang ada di dalamnya.


Jika kamu penasaran mengenai jenis tanah yang akan kami bahas yaitu Tanah Vermikulit vs Tanah Biasa yang akan kami bahas pengertian serta kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Baca juga: Kurangi Limbah Plastik! Yuk, Buat Kerajinan Tas dari Bungkus Kopi dengan Nilai Jual Tinggi dan Simak Langkahnya Berikut

Baca juga: Tutorial dan Panduan Lengkap Senam Dasar PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate), Buat Para Anggota Baru Wajib Perhatikan Nih!

Baca juga: Gambar Sketsa Pemandangan Mudah untuk Anak SD/MI, Latih Kreativitas dengan Menggambar dan Mewarnai

Vermikulit merupakan komponen mineral yang dapat menurunkan berat jenis air. Komponen ini merupakan alternatif media tanam yang sangat baik untuk pembibitan dan pertumbuhan tanaman, karena vermikulit terbuat dari mineral yang dihasilkan dari pemanasan kepingan-kepingan mika, serta terkandung potasium dan Helium..

Setelah vermikulit keluar dari tambang, ia menjalani proses pengolahan yang berbeda berdasarkan cara penggunaannya. Ketika akan digunakan untuk pertumbuhan tanaman dalam berkebun, vermikulit akan dipanaskan terlebih dahulu untuk membuatnya mengelupas, dan diperbanyak serta diringankan dengan bantuan kadar pH yang netral.

Sumber:

UPDATE TERBARU