Friday 17th of May 2024

Cara Membuat Name Tag MPLS SD/MI yang Bagus dan Kreatif, Bisa Jadi Contoh dan Referensi!

×

Cara Membuat Name Tag MPLS SD/MI yang Bagus dan Kreatif, Bisa Jadi Contoh dan Referensi!

--

ASCOMAXX.com - Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi terkait dengan cara mudah membuat name tag MPLS SD/MI yang bagus serta kreatif. Langsung saja yuk, kalian bisa menyimak informasi lengkap dibawah ini.

Name tag siswa biasanya terdiri dari selembar bahan yang ditempel pada baju atau dada siswa dengan menggunakan pelekat atau klip. Dengan name tag ini, siswa baru dapat dengan mudah dikenali oleh orang lain, mempercepat proses saling mengenal, dan menciptakan suasana yang lebih inklusif.


Baca juga: Contoh ID Card MPLS dari Kardus Bekas, Bikin Kreasi Unik dengan Bahan Mudah dan Murah!

Baca juga: Contoh Kegiatan MPLS Siswa Baru SD/MI yang Menarik dan Menyenangkan

Baca juga: Kumpulan Kegiatan MPLS SMA/SMK Bisa Jadi Inspirasi Untuk Peserta Didik Baru

Mengenal MPLS 

MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menyambut siswa baru yang akan memasuki tingkat pendidikan baru, seperti tingkat SMP atau SMA bahkan hingga perguruan tinggi.

Dalam MPLS para peserta didik biasanya juga mengenakan berbagai atribut yang diperlukan, salah satunya seperti name tag untuk identitas. Name tag ini berfungsi untuk mengidentifikasi siswa dan mempermudah interaksi antara mereka, guru, dan staf sekolah selama kegiatan MPLS.

MPLS bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengenalan kepada siswa baru mengenai lingkungan sekolah, aturan-aturan, kegiatan-kegiatan, dan nilai-nilai yang dianut di sekolah tersebut. Selain itu, MPLS juga memberikan kesempatan siswa baru untuk berkenalan dengan teman-teman sekelas.

Contoh Kegiatan MPLS SD/MI

1. Perkenalan Seluruh Guru SD/MI

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dewan guru kepada siswa-siswa baru dan menunjukkan bahwa mereka akan menjadi pengajar dan pembimbing bagi siswa. Selain itu, dewan guru perlu menciptakan suasana yang menyenangkan agar siswa merasa nyaman dalam berinteraksi.

2. Penyampaian Bakat dan Minat (Ekstrakurikuler)

Dalam kegiatan ini, penyelenggara dan dewan guru dapat memperkenalkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Tujuannya adalah untuk menginspirasi dan mendorong siswa baru dalam menggali potensi bakat dan minat mereka, sehingga mereka dapat memiliki pemahaman yang lebih jelas tentang minat mereka sendiri.

3. Permainan

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kreativitas siswa baru. Penyelenggara dan dewan guru dapat menyediakan permainan yang mendorong kerjasama tim, seperti yel-yel atau kegiatan lain yang membutuhkan kolaborasi. Tujuannya adalah untuk membangun kekompakan antara siswa-siswa baru.

4. Penulisan Cita-cita Siswa Baru

Dalam kegiatan ini, penyelenggara dapat menyediakan kertas berbentuk daun sebagai media tulis untuk cita-cita siswa baru. Tujuannya adalah untuk mengetahui harapan dan potensi yang dimiliki oleh siswa baru dalam meraih cita-cita mereka.

Sumber:

UPDATE TERBARU