Monday 29th of April 2024

Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Lengkap Dengan Penjelasan Posisi dan Tugasnya yang Wajib Kamu Tahu

×

Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Lengkap Dengan Penjelasan Posisi dan Tugasnya yang Wajib Kamu Tahu

--

Jumlah Pemain Voli Satu Tim

Dalam satu regu adalah enam pemain utama dan empat pemain cadangan. Sebanyak enam pemain utama akan bermain lebih dulu di lapangan, sementara empat pemain lainnya akan bergiliran mengganti sesuai arahan pelatih.

Aturan tentang jumlah pemain bola voli dalam satu regu ini dikeluarkan oleh FIVB (Federation Internationale de Volleyball) selaku induk organisasi bola voli dunia. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu adalah enam pemain utama. pemain tersebut memiliki posisi masing-masing saat di lapangan.

Posisi dan Tugas Pemain Voli


1. Posisi nomor 1: Server

Tugas seorang server adalah melakukan servis alias pukulan yang menandai dimulainya permainan atau rally. Tugas untuk mengambil servis biasanya diambil secara bergantian, setelah itu pemain bisa mengemban peran lain baik sebagai setter atau pemain bertahan (defender).

2. Posisi nomor 2 dan 4: Spiker/Smasher

Keberadaan seorang spiker dalam sebuah tim bola voli memiliki peran utama sebagai eksekutor serangan dengan melakukan smash atau spike, ke arah wilayah permainan lawan.

Baca juga: Daftar Pemain Film Holy Spider (2022), Tayang Perdana di Cannes Film Festival & Rabut Penghargaan Aktris Terbaik

Baca juga: Nonton Film Series 1899 2022 Sub Indo Episode 1-8 Full, Lengkap dengan Daftar Pemain dan Sinopsis

Baca juga: Baca Manga Ao Ashi Full Chapter Bahasa Indonesia, Perjuangan Menjadi Pesepak Bola Nomor 1 di Jepang

3. Posisi nomor 3: Tosser

Posisi tosser dalam permainan bola voli ada di nomor 3. Tosser atau set-upper adalah pemain yang bertugas memberikan umpan kepada spiker/smasher. Dalam permainan bola voli, tosser biasanya akan melakukan pukulan bola kedua.

4. Posisi nomor 5 dan 6: Defender/Libero

Libero adalah pemain yang bertahan untuk menerima serangan dari lawan dalam sebuah rally dan berada di garis belakang permainan.

Itulah informasi mengenai jumlah pemain voli dalam satu tim ada berapa yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat!

Sumber:

UPDATE TERBARU