Friday 29th of March 2024

5 Fakta Jamur Cordyceps dari Series The Last of Us, Ada di Dunia Nyata! Ternyata Begini Dampaknya Pada Manusia

×

5 Fakta Jamur Cordyceps dari Series The Last of Us, Ada di Dunia Nyata! Ternyata Begini Dampaknya Pada Manusia

--

Terdapat banyak spesies jamur cordyceps dan ophiocordyceps di Bumi. Jenis jamur tersebut juga dikenal memang memiliki kemampuan mengendalikan serangga, seperti semut untuk bertindak sesuai keinginan mereka.

Baca juga: Sinopsis Manga Inu ni Nattara Suki na Hito ni Hirowareta, Kisah Karen Inukai yang Tiba-Tiba Berubah Jadi Anjing Peliharaan Siswi Hits


Baca juga: Spoiler Drama Jepang Gannibal Episode 6, Akhirnya! Daigo Mengetahui Rahasia Desa

Baca juga: Spoiler Drama Jepang Hyakuman Kai Ieba Yokatta (2023) Episode 3, Gawat! Yui Sedang dalam Bahaya

Fakta Jamur Cordyceps

Berikut ini adalah beberapa fakta dari jamur Cordyceps:

1. Punya banyak julukan

Jamur cordyceps punya banyak julukan. Ini sering disebut sebagai jamur zombie, jamur ulat, atau ulat sayur, karena bentuknya yang cenderung tipis. Jamur ini juga dikenal sebagai "Dong Chong Xia Ca" dalam pengobatan tradisional Tiongkok.

2. Sebagai Pembunuh lambat

Cordyceps sinensis terbentuk ketika jamur menyerang larva serangga, menginfeksinya dengan spora selama musim gugur untuk kemudian berkembang selama musim dingin.

Saat musim semi tiba, jamur akan membunuh serangga dengan cara memakan nutrisi inang secara perlahan, lalu tumbuh melalui rongga mulut mereka.

3. Disebut Jamur Atlet

Jamur cordyceps pertama kali menarik perhatian orang-orang kuno ketika mereka mengamati kekuatan dan daya tahan hewan setelah mengkonsumsi jamur khusus ini. Maju cepat, cordyceps sekarang dikenal sebagai "jamur atlet" karena meningkatkan pasokan Adenosine triphosphate (ATP) yang merupakan sumber energi utama tubuh.

Sumber:

UPDATE TERBARU