Saturday 15th of June 2024

Rumus & Cara Menghitung Tetes Cairan Infus dengan Baik dan Benar

×

Rumus & Cara Menghitung Tetes Cairan Infus dengan Baik dan Benar

--


Lebih lengkapnya infus adalah sebuah metode pemberian cairan dan obat yang dilakukan langsung lewat pembuluh darah. Cairan yang diberikan lewat infus berfungsi sebagai cairan resusitasi atau cairan pemeliharaan. Cairan ini biasanya diberikan kepada pasien yang membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Baca juga: Cara Memasang Speaker Main 4 Ohm yang Benar Paling Mudah dan Praktis


Baca juga: Chord Lagu Bima Cempu Ba Lenga Dengan Tutorial Bermain Gitar yang Mudah!

Baca juga: Tutorial Membuat Kerajinan Robot yang Bisa Berjalan dari Kardus, Sederhana Namun Bisa Jadi Mainan Mahal!

Seperti yang diketahui, cairan infus atau intravenous fluid disimpan dalam suatu kantong atau botol steril. Wadah ini nantinya dialirkan lewat selang menuju pembuluh darah. Jumlah cairan dan jenis cairan infus yang digunakan tentu tidak boleh sembarangan, harus berdasarkan beberapa faktor. Seperti kondisi pasien, tujuan pemberian cairan infus, hingga ketersediaan cairan.

Infus digunakan tidak hanya untuk pemberian cairan saja. Akan tetapi juga bisa dilakukan sebagai metode pemberian obat secara parenteral. Mungkin Anda pernah menjumpai perawat yang menyuntikkan cairan khusus ke selang infus.

Sebagai informasi, parenteral merupakan metode pemberian nutrisi, obat, maupun cairan lewat pembuluh darah. Penggunaan metode parenteral juga disesuaikan dengan kondisi pasien secara keseluruhan, jenis nutrisi atau obat yang dibutuhkan, penyakit yang dialami, dan beberapa faktor lainnya.

Tujuan Pemberian Cairan Infus

Cairan infus bukanlah sembarang cairan. Sebab di dalamnya terdiri dari air dengan kandungan elektrolit, gula, ataupun obat-obatan tertentu yang nantinya diberikan kepada pasien sesuai dengan kondisi yang diderita. Maka dari itu pemberian cairan infus ini kepada pasien tetap ada aturan tersendiri. Akan tetapi secara umum berikut tujuan dari pemberian cairan infus:

Sumber:

UPDATE TERBARU